Breaking News

Kediri baru 1 Stasiun TV Lokal yang Matikan Siaran Analog

 


Kediri,reporter.com - Televisi lokal di wilayah eks karisedenan kediri kini telah melakukan migrasi siaran ke digital. Mereka mengikuti regulasi migrasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Total terdapat 6 stasiun tv lokal di wilayah tersebut. Mereka semua menyewa MUX milik Media Grup yang memiliki rate harga sewa sekitar Rp 16 Juta - Rp 20 Juta per bulan. Meskipun begitu mayoritas TV lokal ini belum mematikan siaran analognya. Hanya terdapat 1 TV lokal yang telah melakukan Analog Switch Off (ASO) sesuai ketentuan pemerintah. TV lokal ini adalah KSTV.


Manager Program KSTV, Yacob Bastian mengatakan pihaknya mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan ASO pada 2 November lalu. Secara bisnis perpindahan siaran TV dari analog ke digital ini dirasa sangat berat. Hal ini dikarenakan kondisi bisnis media baru membaik pasca pandemik yang melanda dalam 2 tahun terakhir. Namun perpindahan ini tetap harus dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas siaran.

"Dari segi pembiayaan sedikit lebih berat karena harus mengeluarkan biaya untuk sewa MUX setiap bulannya berkisar antara Rp 17 juta hingga Rp 20 juta," ujarnya, Minggu (13/11/2022).(hum.aw)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini