Breaking News

Jalur Pacitan-Ponorogo Kembali Lancar Usai Tertutup Longsor



Pacitan, reporter.com - Jalur Pacitan-Ponorogo kembali terbuka setelah sempat tertutup sepertiga jalan akibat longsor. Itu setelah dilakukan pembersihan di titik ruas Ringinasri, Desa Tegalombo.

"Tadi malam sekitar pukul 23.52 WIB sudah terbuka," kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

Usai kejadian, Erwin menyebut alat berat sudah diberangkatkan menuju lokasi. Dia pun menjelaskan jika proses normalisasi jalur diupayakan selesai dalam semalam.

Erwin juga mengimbau masyarakat dan pengguna jalan hati-hati saat berada di kawasan rawan bencana terutama saat curah hujan tinggi. Termasuk di antaranya jalur yang berada di dekat tebing curam.

"Insyaallah (jalur) sudah cukup aman. Yang terpenting adalah kesiapsiagaan sebagai bentuk mitigasi atau pengurangan risiko," imbuhnya.

Sebelumnya, longsor terjadi di jalur Pacitan-Ponorogo. Tepatnya di ruas Dusun Ringinasri, Desa Tegalombo. Kejadian sempat membuat lalu lintas tersendat.

Beberapa kendaraan penumpang sempat tertahan selama belasan menit. Mobil ditempatkan belasan meter dari titik longsor. Tujuannya untuk menghindari risiko longsor susulan.

Di antara yang tertahan adalah mobil dinas Kepala Diskominfo Pacitan, Bambang Marhaendrawan. Bambang bersama 3 staf yang berada di dalam mobil sempat menunggu belasan menit sebelum diizinkan melintas.

"Menunggu sementara nggak apa-apa. Sambil memastikan (jalan) aman dilewati," katanya.

Kendaraan-kendaraan itu pun satu per satu diizinkan melintas. Ini menyusul kedatangan polisi bersama TNI yang menyampaikan informasi jika jalan dapat dilalui mobil kecil dan sepeda motor.



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini