Breaking News

Indonesia menerima untuk Tuan Rumah KTT ASEAN 2023 dari Kamboja

 


Jakarta.Reporter.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera menuntaskan rangkaian kunjungan kerjanya di Kamboja, dalam perhelatan KTT ASEAN 2022 sebelum bertolak ke Bali untuk persiapan KTT G20 pada siang hari ini, Minggu (13/11/2022).

Mengutip siaran pers Kantor Sekretarian Presiden, pada hari kelimanya Jokowi di Kamboja, Jokowi dijadwalkan akan menghadiri sejumlah kegiatan.

“Sebelum bertolak menuju Tanah Air siang nanti. Presiden Jokowi akan mengawali agendanya, dengan Dialog ASEAN Global ke-2 yang akan digelar di Hotel Sokha, Phnom Penh,” tulis siaran pers tersebut, Minggu, 13 November 2022. 

Jokowi akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur ke-17. Agenda kemudian akan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41.

Pada momentum ini, nantinya Jokowi akan menerima secara simbolik ‘tahta’ tuan rumah perhelatan KTT ASEAN 2023 dari Kamboja ke Indonesia.

“Pada siang harinya, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana akan menuju Bandara Internasional Phnom Penh untuk kemudian lepas landas menuju Indonesia,” jelas siaran pers ini.


Sebagai informasi, Presiden dan rombongan direncanakan akan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam KTT ASEAN-AS di Kamboja yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menghadiri jamuan makan malam oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di Chroy Changvar International Convention and Exhibition Centre (CCIC), Phnom Penh, Kamboja, Sabtu 12 November 2022 waktu setempat, sekaligus mengakhiri agenda resminya pada hari keempat penyelenggaraan KTT ASEAN, Kamboja.

Jokowi datang pada Sabtu malam (12/11/2022) dengan mengenakan kemeja khas Khmer berwarna oranye dan disambut oleh Perdana Menteri Hun Sen.

Setelah jamuan makan malam selesai, Presiden Jokowi kembali ke hotel tempatnya bermalam untuk melanjutkan agendanya esok hari, Minggu (13/11/2022). Demikian dilansir dari Antara.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam jamuan makan malam, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pada hari keempat penyelenggaraan KTT ASEAN Kamboja, Sabtu, Presiden Jokowi menghadiri sederet Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dengan mitra wicara ASEAN, seperti KTT ASEAN Plus Three (APT), KTT Ke-19 ASEAN-India, dan KTT Ke-2 ASEAN-Australia.

Presiden juga menghadiri KTT Ke-25 ASEAN-Jepang, KTT Ke-10 ASEAN-AS, dan KTT Peringatan ASEAN-Kanada.

Selain itu, Kepala Negara juga menghadiri tiga pertemuan bilateral, masing-masing dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Profesor Klaus Schwab, dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.(hum.aw)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini