Breaking News

Bola Piala Dunia 2022 Buatan Madiun Punya Aerodinamika Terbaik



Jakarta, reporter.com- Bola Piala Dunia 2022 Qatar dinilai sebagai yang terbaik dari sisi aerodinamika. Demikian menurut hasil studi. Kita tahu bahwa bola di Piala Dunia kali ini adalah buatan Indnesia, tepatnya Madiun, Jawa Timur.

John Eric Goff, profesor fisika di University of Lynchburg yang mempelajari fisika olahraga menuliskan analisisnya di The Conversation.

Sebagai bagian dari penelitiannya, setiap perhelatan Piala Dunia, Goff melakukan analisis terhadap bola terbaru. Dia menyebut bola made in Madiun itu memiliki desain yang sangat baik sehingga memiliki aerodinamika tinggi.

"Di antara tembakan ke gawang, tendangan bebas, dan operan panjang, banyak momen penting dalam pertandingan sepak bola terjadi saat bola berada di udara. Jadi salah satu karakteristik terpenting dari sebuah bola sepak adalah bagaimana ia bergerak di udara," kata Goff, dikutip dari The Conversation, Rabu (23/11/2022).

Saat menghitung seberapa besar gaya yang diberikan udara bergerak pada benda bergerak (yang disebut tarikan), fisikawan menggunakan istilah yang disebut koefisien tarikan. Untuk kecepatan tertentu, semakin tinggi koefisien tarikan, semakin terasa tarikan suatu objek.

Untuk membuat bola sepak yang bagus, kecepatan transisi aliran udara dari turbulen ke laminar sangatlah penting. Ini karena saat transisi itu terjadi, sebuah bola mulai melambat secara dramatis. Jika aliran laminar dimulai pada kecepatan yang terlalu tinggi, bola mulai melambat jauh lebih cepat daripada bola yang mempertahankan aliran turbulen lebih lama.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini