Breaking News

Atap Pendapa Kabupaten Gresik Ambruk

  


Gresik,reporter.com – Atap pendapa Kabupaten Gresik ambruk. Atap tersebut ambruk karena bangunannya sudah lapuk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Ambruknya atap di depan Rumah Dinas Bupati Gresik itu belum diketahui pasti penyebabnya. Padahal, lokasi itu sering digunakan untuk masyarakat bersantai.

“Tiba-tiba saja ambruk, pas tadi hujan rintik-rintik, tapi cuma sebentar, angin juga tidak kencang, mungkin karena g bangunannya sudah agak lapuk,” ujar Wahab, salah satu warga yang melintas, Minggu (13/11/2022).

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Gresik Johar Gunawan mengatakan, kondisi bangunan memang sudah tua. Bangunan bagian kayunya sudah lapuk. Apalagi saat ini sedang musim penghujan, kemungkinan karena hal itu. “Bangunannya memang sudah tua bangunannya,” ujarnya

Ia menjelaskan dari kejadian itu langsung ditindaklanjuti oleh petugas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. “Ini langsung dibersihkan,” imbuhnya.

Secara terpisah, anggota Komisi IV DPRD Gresik Abdullah Hamdi menduga, atap pendapa Alun-Alun Gresik tersebut ambruk karena kelalaian pemerintah yang minim monitoring dan perawatan bangunan aset daerah. “Seharusnya ada monitoring dan perawatan secara rutin terhadap aset-aset daerah, termasuk pendapa Alun-alun Gresik yang merupakan bangunan kuno dan punya filosofi sejarah,” ungkapnya.

Diketahui, atap pendopo Kabupaten Gresik berdekatan dengan alun-alun. Tepatnya di sebelah timur. Berukuran kurang lebih panjang panjang 6 meter dan tinggi 6 meter. Hingga kini, material bangunan seperti kayu dan genting sudah dibersihkan supaya tidak mengganggu aktivitas warga yang melintas.(hum.aw)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini