Breaking News

Terowongan Karangkates Yang Longsor Dibersihkan, Jalur KA kembali Normal


Malang, reporter.com - Jalur Kereta Api (KA) Stasiun Sumberpucung-Stasiun Pohgajih, Blitar atau area Terowongan Karangkates sempat tertutup longsor. Jalur itu kini sudah bisa dilalui secara normal.

Seluruh KA menuju Malang maupun sebaliknya kini sudah bisa melewati jalur tersebut dan tidak perlu lagi memutar.

"Material longsor sudah dibersihkan, dan jalur dapat dilalui kembali. Dengan beroperasinya jalur itu, maka seluruh kereta api dari dan menuju Malang dapat kembali beroperasi," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (18/10/2022).

KA pertama yang melintasi jalur itu adalah KA Parcel yang berangkat dari Stasiun Malang pukul 17.00 WIB. Kemudian KA Malabar relasi Malang-Bandung dengan keberangkatan pukul 17.10 WIB.

Luqman Arif menjelaskan untuk upaya normalisasi jalur, KAI telah mengerahkan puluhan pekerja beserta perlengkapan lain untuk menyingkirkan material longsor.

Sebelumnya material longsor sempat menutup akses rel pada KM 85 +4/5 serta beberapa titik lainnya yang yakni KM 84+8/9, KM 82+6/7, KM 81+3, KM 86+2/3, KM 82+400/500, KM 83+900/000 antara Stasiun Sumberpucung-Pohgajih.

Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut," kata Luqman.

Demi pertimbangan keselamatan, saat melintasi jalur tersebut, kata Luqman, kecepatan KA dibatasi maksimal 5 km/jam. Secara bertahap, petugas akan melakukan pembersihan dan pengawasan sehingga kecepatan KA dapat berjalan seperti normal.

"Untuk keselamatan kecepatan kereta dibatasi saat melintas di lokasi itu. Kami terus melakukan proses pembersihan," tegasnya.(red.dn)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini