Breaking News

Sapi Sampang Borong Juara di Ajang Karapan Piala Presiden 2022


Bangkalan, reporter.com - Sebanyak 24 pasang sapi dari 4 kabupaten di Madura adu cepat di ajang Karapan Sapi Piala Presiden 2022 di Stadion Karapan Sapi R.P Moh Noer Bangkalan. Sapi asal Sampang memborong juara meski juara utama ajang ini dimenangkan oleh pasangan sapi asal Pamekasan.

Pasangan sapi bernama Bandar Jawa asal Pamekasan berhasil memenangkan juara utama di ajang ini disusul juara 2 dan 3 yang merupakan pasangan sapi asal Sampang.

"Untuk juara satu atas, Bandar Jawa asal Pamekasan lalu disusul oleh Prabu Sakti dan Wiratama Bhayangkara dari Sampang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Muhammad Hasan Faisol, Minggu (16/10/2022).

Ada juara kategori bawah yang mana juara 1 diraih Jet Matic milik Hakiki dari Sampang, juara dua Cumi Asam Manis jr milik H Abdus Salam dari Sampang, dan juara tiga diraih Door to Door milik Wakil Bupati asal Sampang. Pasangan sapi milik tuan rumah Bangkalan belum ada yang menembus final.

"Juara kali ini lebih banyak diraih dari Sampang dan Pamekasan," ujarnya.

Ada pun hadiah yang didapatkan para juara, untuk juara pertama baik golongan atas maupun bawah akan mendapatkan hadiah utama masing-masiing satu unit mobil. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga mendapat masing-masing satu unit sepeda motor.

"Tak hanya itu, setiap sapi yang menang nanti memiliki nilai atau harga jual yang semakin tinggi. Meski begitu, jarang ada yang mau menjual sapi karapan apalagi yang sudah memenangkan pertandingan," imbuhnya.

H Abdus Salam pemilik pasangan sapi Cumi Asam Manis jr mengaku bangga dengan hasil maksimal yang diperoleh pasangan sapi miliknya. Menurutnya hal ini merupakan buah kekompakan komunikasi antara komunitas pengerap sapi selama latihan.

"Selama ini kami sering latihan bersama dan selalu mengomonikasikan kekurangan dan kelebihan sapi karapan kami sehingga kualitas sapi karapan kami maksimal dan di atas rata-rata sapi dari kabupaten lain," katanya.

Sebelumnya, karapan sapi piala presiden yang digelar tahun 2019 lalu dimenangkan tim dari Jet Matic. Sementara juara kedua diraih Sonar Muda dan juara ketiga diraih Naga Emas.



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini