Breaking News

Rumah Joglo dan Sapi Warga Tuban Hangus Terbakar Saat Pemilik Tidur


Tuban, reporter.com – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Banu, Desa Katerban, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban tengah malam tadi digegerkan dengan peristiwa kebakaran hebat yang menimpa pada sejumlah bagunan rumah joglo serta rumah lainnya dan kandang milik warga setempat, Minggu (18/9/2022).

Kebakaran yang sangat besar itu terjadi di rumah milik Pangi (67), yang merupakan warga Desa Katerban, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban itu. Korban kaget langsung terbangun dari tidurnya dan bergegas keluar rumah dan berteriak minta tolong pada para tetangganya lantaran bagian dalam rumahnya sudah dalam kondisi terbakar.

Dari hasil penelusuran tim awak media, kebakaran hebat yang menimpa rumah Pangi itu berawal saat korban sedang tidur di dalam rumahnya yang ukurannya sangat besar itu. Yang mana ketika tidur ia terbangun lantaran mengetahui jika terdapat api yang sudah mulai membakar pada bagian rumahnya.

“Awalnya korban terbangun dari tidurnya lalu mengetahui jika rumahnya terbakar. Api pertama kali diketahui dari bagian atas yaitu pada bagian rumah Joglo,” terang AKP Ali Khanapi, Kapolsek Senori, Polres Tuban saat dikonfirmasi terkait kejadian kebakaran itu.

Mengetahui api yang membakar rumahnya, Pangi langsung membangunkan istrinya supaya cepat keluar rumah lantaran api dengan cepat membesar. Korban yang dalam kondisi panik langsung meminta tolong kepada tetangganya yang rumahnya berdekatan dan tetangga korban itu langsung keluar rumah.

“Pada saat saksi keluar rumah api sudah mulai membesar membakar bagian atas rumah joglo milik korban itu. Kemudian api dengan cepat langsung menjalar pada bagian rumah yang lainnya yang sebagian besar dari kayu,” sambungnya.

Dalam kurun waktu tidak sampai setengah jam, api yang berasal dari rumah joglo milik Pangi itu sudah menjalar ke bangunan empat rumah lainnya yang menjadi satu tersebut. Sehingga sejumlah warga yang ikut berusaha berada di lokasi tidak bisa untuk memadamkan api yang sudah semakin membesar membakar rumag kayu jati tersebut.

Sejumlah warga yang berusaha melakukan penyelamatan berhasil mengeluarkan seekor sapi yang terjebak di dalam kadang yang juga ikut terbakar tersebut. Namun, untuk sapi satunya tidak bisa diselamatkan karena api sudah terlalu besar dan kemudian membakar rumah hingga rata dengan tanah dan sapi milik korban juga ikut terbakar.

“Dengan bantuan para tetangga dan aparat keamanan akhirnya api berhasil diisolasi dengan cara rumah yang sudah terbakar di dorong sehingga tidak menjalar ke tempat lain. Satu sapi milik korban berhasil diselamatkan,” ungkap Kapolsek Senori itu.

Sementara itu dalam kejadian kebakaran itu totalnya terdapat 4 bangunan rumah yang hangus terbakar dan salah satunya adalah rumah Joglo dengan kayu Jati dengan total kerugian hingga ratusan juta rupiah. Selain rumah juga terdapat barang-barang berharga milik korban, kemudian Gabah 2 ton serta seekor satu yang juga ikut hangus terbakar.

“Hasil keterangan yang diperoleh dari para saksi bahwa api di ketahui sudah berkobar dibagian atas rumah joglo. Adapun untuk sumber api masih dalam penyelidikan,” pungkasnya. (red.hr)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini