Breaking News

12 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Di Kerahkan Untuk Padamkan 2 Kapal Pinisi Yang Terbakar Di Kalimas Surabaya.

 

Surabaya, reporter.com - Dua kapal kayu ang bersandar di Pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak, Surabaya terbakar. Tidak ada korban jiwa peristiwa kebakaran kapal yang pemadamannya melibatkan 12 PMK itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Surabaya Dedik Irianto mengatakan, kebakaran itu terjadi Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 02.56 WIB. Tepatnya, di Jalan Kalimas Baru Nomor 136 Surabaya.

"Yang terbakar 2 kapal Pinisi (kapal kayu)," kata Dedik di lokasi pemadaman, Minggu (17/7/2022).

Kapal pinisi yang terbakar diketahui bernama KM Rukun Abadi. Berdasarkan data dari Dinas Damkar penanggung jawab kapal tersebut bernama Hendra yang diketahui beralamat di Maluku.

Dedik menjelaskan, Damkar tiba di lokasi sekitar pukul 03.04 WIB. Tim pemadam pertama dari Pos Pegirian langsung melakukan pemadaman. Meski lokasi kebakaran berada di dekat laut proses pemadaman hingga pembasahan itu butuh waktu hingga 2 jam.

"Api pokok padam 05.11 WIB, pembasahan dan pengecekan selesai 08.47 WIB," ujarnya.

Total ada sebanyak 12 unit mobil Damkar yang diterjunkan. Petugas Damkar juga telah memastikan bahwa tidak ada korban jiwa akibat kebakaran kapal tersebut.

"Proses pemadaman tadi juga dibantu 3 Unit PMK Pelindo," tutur Dedik.

Berdasarkan keterangan saksi dari anak buah kapal KM Rukun Abadi, api berasal dari dapur bagian belakang kapal. Tiba-tiba api membesar dan anak buah kapal meminta pertolongan ke pihak pelabuhan.

"Dikarenakan api semakin membesar dan menyambar kapal di sebelahnya, yaitu KM Duta Kencana. Untuk pihak pelabuhan meminta bantuan ke call 112 untuk penanganan lebih lanjut," tutupnya.(red.en)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini