KEDIRI,  reporter.web.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri, Zanariah, membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Person in Charge (PIC) Sistem Informasi Manajemen Publikasi Kegiatan Pemerintah Kota Kediri (SI MALIK) di Ruang Joyoboyo, Selasa (5/11/2024). Kegiatan ini diikuti oleh PIC dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Zanariah menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik sebagai kewajiban pemerintahan untuk memberikan akses informasi yang mudah bagi masyarakat. Keterbukaan informasi, menurutnya, adalah fondasi penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel.

"Hadirnya SI MALIK menjadi upaya agar kegiatan OPD dapat terhimpun, terintegrasi, dan terpublikasi dengan baik di media pemerintah, media lokal, maupun nasional. Saya mengapresiasi Diskominfo yang telah menginisiasi inovasi ini, serta berterima kasih kepada PIC yang terus memperbarui informasi kegiatan," ujar Zanariah.

Namun, ia juga mengakui bahwa pemanfaatan SI MALIK belum optimal selama tiga tahun terakhir, dengan hanya 77,45% OPD dan unit kerja yang aktif melaporkan agenda kegiatan. Monev ini diharapkan dapat menjadi forum untuk menampung saran dan masukan dari PIC di tiap OPD guna pengembangan sistem lebih lanjut.

Zanariah menyoroti potensi besar SI MALIK, termasuk sebagai prototipe kalender event tahunan Kota Kediri. Dalam era digital ini, penyebaran informasi ke masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga diperlukan informasi yang valid melalui berbagai platform digital.

Ia juga mengingatkan tentang nomenklatur baru di pemerintahan, yaitu Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), yang fokus pada digitalisasi untuk menghadapi tantangan zaman. "Saya berharap digitalisasi di Kota Kediri bukan hanya sekadar glorifikasi, tetapi benar-benar berjalan dengan baik," tegasnya.

Dengan pengembangan SI MALIK, diharapkan kepercayaan publik terhadap pemerintah Kota Kediri semakin meningkat melalui penyebaran informasi yang transparan dan akurat.(Red.AL)