Breaking News

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 2,5 Km

  


Lumajang, reporter.web.id - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Senin (10/6/2024). Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini meluncurkan guguran lava pijar sejauh 2,5 kilometer. Guguran lava pijar ini tercatat terjadi sebanyak 13 kali ke arah kawasan Besuk Kobokan.
"Informasi dari pos pantau, Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak 13 kali dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah Besuk Kobokan " ujar Kabid Kedaruratan BPBD Lumajang kepada detikJatim, Senin (10/6/2024).

Status Gunung Semeru hingga kini masih bertahan di level 3 atau siaga. Meski mengalami guguran lava pijar sejauh 2,5 kilometer, namun aktivitas warga di lereng Gunung Semeru masih normal.

"Status Gunung Semeru masih level 3 atau siaga. Aktivitas warga masih berlangsung normal," terang Yudhi.

Warga diimbau tidak melakukan aktivitas apapun sejauh 13 kilometer dari puncak dan 500 meter kanan kiri di sepanjang aliran sungai Besuk Kobokan sejauh 17 kilometer.

Selain itu, masyarakat diimbau mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

"Kami mengimbau warga tidak melakukan aktivitas sejauh 13 kilometer dari puncak," pungkas Yudhi.(red.J)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini