Breaking News

9 Pejabat Tinggi Israel Mundur, Bukti Netayahu Ditusuk dari Belakang

  


Jakarta, reporter.web.id - Pejabat Israel lagi-lagi mengundurkan diri dari pemerintahan. Politisi Israel dan mantan panglima militer, Benny Gantz telah menindaklanjuti ancamannya untuk mengundurkan diri dari kabinet darurat perang Benjamin Netanyahu.

Perselisihan yang terjadi antara Gantz dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu khususnya dalam hal strategi dan cara terbaik untuk memulangkan 250 sandera Israel makin terbuka lebar. Hal ini berpuncak pada Gantz yang menuduh perdana menteri mengabaikan pertimbangan strategis seperti kesepakatan penyanderaan demi kelangsungan politiknya sendiri.

"Netanyahu menghalangi kita untuk mencapai kemenangan sejati," kata Gantz dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada Minggu (9/6/2024) malam. "Untuk alasan ini kami meninggalkan pemerintahan darurat hari ini, dengan berat hati, namun dengan sepenuh hati," ujar Gantz, dilansir xi.

Seperti banyak komandan tinggi Israel, Gantz, memasuki dunia politik pada 2018 setelah berkarir di militer, dan mengumumkan sebuah partai baru dengan tujuan eksplisit untuk mengakhiri cengkeraman Netanyahu dalam politik Israel.

Dia dipandang sebagai kandidat yang difavoritkan untuk memimpin koalisi baru jika pemerintahan runtuh dan pemilihan umum dini diadakan, meskipun dia tergelincir dalam jajak pendapat dalam beberapa bulan terakhir.

Pengunduran diri pejabat Israel tidak hanya terjadi kali ini saja, sejumlah pejabat pun pernah mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Namun memang tidak sedikit para pejabat mengundurkan diri dengan alasan yang berhubungan dengan Netanyahu itu sendiri.

Netayahu merupakan PM terlama Israel dengan masa kepemimpinan selama 16 tahun. Dia ppernah memegang jabatan PM pada 18 Juni 1996-Juli 1999, Maret 2009-Juni 2021 dan Desember 2022 hingga sekarang. Setidaknya ada sembilan pejabat Israel yang mengundurkan diri selama masa pemerintahan Netanyahu.

Sebelum Netanyahu, Perdana Menteri Israel Ehud Olmert juga mundur pada September 2008 setelah terus menerus disorot karena skandal koruspi. (red.J)

Berikut ini daftar 10 pejabat Israel yang mengundurkan diri, termasuk sembilan pejabat di era Netanyahu:

Table with 5 columns and 10 rows. Sorted ascending by column "X.1"
1Benny GantzMenteri Kabinet Perang IsraelJuni 2024Gantz beranggapan bahwa Netanyahu menghalangi Israel untuk mencapai kemenangan sejati
2Gideon SaarMenteri Veteran IsraelMaret 2024Netanyahu gagal mengangkat Saar menjadi kabinet perang
3Eylon LevyJuru Bicara Pemerintahan IsraelMaret 2024Perselisihan dengan Menteri Luar Negeri Inggris & diskors dari jabatannya
4Moshik AvivKepala Direktorat Diplomasi Publik NasionalMei 2024Pribadi dan kesehatan
5Asaf ZalalDirektur Jenderal Kementerian Pendidikan IsraelJuli 2023Meningkatnya kekhawatiran mengenai dampak undang-undang perombakan hukum terhadap berbagai sektor, termasuk pendidikan
6Avi MaozPemimpin Partai NoamFebruari 2023Netanyahu menolak keras membiarkan dia meluncurkan inisiatif untuk membentuk identitas Yahudi
7Asaf ZamirMenteri Pariwisata IsraelOktober 2020Tidak memiliki kepercayaan terhadap Netanyahu
8Avigdor LiebermanMenteri Pertahanan IsraelNovember 2018Tidak sepakat dengan gencatan senjata
9Moshe YaalonMenteri Pertahanan IsraelMei 2016Kurangnya kepercayaan terhadap dirinya
10Ehud OlmertPerdana Menteri IsraelSeptember 2008Tuduhan korupsi