Kediri,  reporter.web.id - Maskapai penerbangan super air Jet memastikan bahwa pihaknya akan membuka rute penerbangan Kediri-Balikpapan pada 6 Juni 2024 mendatang di  Bandara Dhoho Kediri

 
Maskapai penerbangan yang berdiri di bawah PT Lion Grup tersebut, akan membuka layanan penerbangan sebanyak tiga kali dalam seminggu dari Bandara Dhoho Kediri ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan, Balikpapan.
 
Dikutip dari Radar Kediri (Jawa Pos Group), Minggu (19/5), Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari menyebutkan bahwa layanan penerbangan tersebut akan dilakukan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.
 
"Penerbangan (Super Air Jet di Kediri ke Balikpapan, Red) ini menandai komitmen kami dalam mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta mempermudah mobilitas antarkota," ungkap Ari.
 
Untuk penerbangan dari Kediri ke Balikpapan keberangkatannya dijadwalkan pukul 14.00 WIB dan tiba di sana pukul 16.30 WIB. Sedangkan penerbangan dari Balikpapan ke Kediri dijadwalkan pukul 12.45 WITA dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB.
 
Dengan dibukanya rute baru tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong perekonomian lokal melalui meningkatnya jumlah wisatawan dan pelaku bisnis, serta masyarakat dapat melakukan penerbangan nonstop dari Kediri ke Balikpapan.
 
Sementara itu, Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Dhoho Donny A. Novanto turut membenarkan rencana pembukaan rute penerbangan baru dari Super Air Jet.

"Penerbangan dimulai 6 Juni nanti," kata Donny.
 
Donny juga mengatakan bahwa Balikpapan merupakan gerbang menuju ke IKN yang memiliki berbagai destinasi kuliner dan wisata alam yang menarik. Hal ini yang jadi acuan PT Angkasa Pura 1 membuka rute penerbangan baru.
 
Kemudian untuk izin rute penerbangan lainnya yang sudah dikantongi oleh Super Air Jet, ia mengaku bahwa pihaknya belum bisa memberikan keterangan karena masih dalam tahap perencanaan.
 
"Akan kami update lebih lanjut ya," ujarnya.
 
Untuk diketahui, dua maskapai penerbangan di bawah PT Lion Grup sudah mengantongi izin rute penerbangan di Bandara Dhoho Kediri.
 
Selain mengantongi izin rute penerbangan Kediri-Balikpapan, Super Air Jet juga sudah mengantongi izin penerbangan Kediri-Banjarmasin, Kediri-Makassar, Kediri-Bali, dan Kediri-Palembang.
 
Selanjutnya, untuk Batik Air sudah mendapatkan izin untuk rute penerbangan Kediri-Jakarta, Kediri-Bali, dan Kediri-Palembang.