Breaking News

Pemkab Lumajang Optimis Kembali Raih Predikat Kabupaten/Kota yang Seha


 Lumajang,  reporter.web.id  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menunjukkan keyakinan tinggi untuk kembali meraih predikat Swasti Saba Wistara, penghargaan tertinggi dalam ajang Kabupaten/Kota Sehat (KKS) yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), mengungkapkan bahwa Lumajang telah lima kali berturut-turut memperoleh Swasti Saba Wistara. Terakhir pada 2023, Lumajang mendapatkan predikat Swasti Saba Padapa.

“Kami telah meraih predikat tertinggi Kabupaten Sehat Wistara selama lima kali berturut-turut. Sekarang, kita mulai lagi dari Padapa,” ujar Yuyun pada Kamis (16/5/2024).

Yuyun juga menjelaskan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan indikator penyelenggaraan kabupaten sehat di Lumajang.

“Bimtek ini diselenggarakan untuk memperbarui pengetahuan, memperbarui ilmu, dan memperbarui langkah-langkah yang akan dilakukan, serta memastikan indikator-indikator yang belum disiapkan oleh Kabupaten Lumajang untuk terus meningkatkan status Kabupaten Sehat,” katanya.

Menurut Yuyun, pencapaian kabupaten sehat memerlukan komitmen bersama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

“Untuk mewujudkan Kabupaten Sehat, harus ada integrasi dan kesepakatan dari seluruh warga masyarakat Lumajang. Tidak hanya pemerintah yang bergerak, tetapi seluruh elemen masyarakat dan semua pemangku kepentingan harus bersama-sama mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat,” jelasnya.

Yuyun berharap agar semua pihak dapat terus bersinergi dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat menuju pencapaian Kabupaten Sehat.

“Kita harus terus berintegrasi dan bersinergi. Istilah yang sering saya gunakan adalah, ayo rembug nyekrup. Semoga ke depan kita bisa naik peringkat atau bahkan langsung meloncat ke yang tertinggi,” harapnya.

Dengan komitmen dan kerja sama yang kuat dari semua pihak, Pemkab Lumajang optimis dapat kembali meraih predikat Swasti Saba Wistara dan terus meningkatkan kualitas kesehatan serta kesejahteraan masyarakat. (red.R)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini