Breaking News

Kantor LPS Makassar Resmi Beroperasi, Perkuat Perlindungan dan Stabilitas Sistem Keuangan di Kawasan Timur Indonesia


 Makassar,  reporter.web.id  – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) resmi membuka Kantor Perwakilan LPS III di Makassar pada hari Jumat (17/5/2024).

Kehadiran kantor perwakilan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan kepada nasabah bank di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Peresmian kantor LPS di Makassar dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa bersama dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keuangan, Since Erna Lamda.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Anggota Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, Anggota Dewan Komisioner Bidang Program Penjaminan Simpanan dan Resolusi Bank Didik Madiyono, serta Wakil Ketua MPR RI, Bapak Amir Uskara.

Pemilihan Makassar sebagai lokasi kantor perwakilan LPS didasari pertimbangan strategis, yaitu:

Pertumbuhan Ekonomi yang Signifikan: Makassar merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik, dengan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan I-2024 mencapai 4,82% (yoy).

Besarnya Potensi Simpanan: Pertumbuhan ekonomi tersebut mendorong peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Sulawesi Selatan per Februari 2024 yang mencapai 8,42% (yoy) dengan nominal sebesar Rp127,19 triliun dan didukung dengan aset perbankan mencapai Rp190,95 triliun.

“Dengan dibukanya Kantor Perwakilan LPS di Makassar, anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Provinsi Sulawesi Selatan sudah lengkap yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan,” ujar Purbaya.

Kehadiran LPS di Makassar diharapkan dapat:

Meningkatkan Perlindungan Nasabah: LPS menjamin dana nasabah di bank hingga Rp850 juta per nasabah per bank. Hal ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat untuk menabung di bank.

Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan: LPS berperan penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan melalui berbagai program, salah satunya adalah program penjaminan simpanan nasabah perbankan.

Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat: Kehadiran LPS di Makassar diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dan mendorong masyarakat untuk menabung di bank.

LPS menunjuk Fuad Zaen menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS III yang berlokasi di Graha Pena, (Pena Hall) lt 1. Jl. Urip Sumoharjo No. 20 Kota Makassar. Pembukaan kantor perwakilan di Makassar merupakan bagian dari komitmen LPS untuk memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Selain Makassar, LPS juga akan membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya yaitu Medan dan Surabaya pada tahun ini. (red.R)