Breaking News

Timun Suri, Buah Segar Kaya Gizi yang Kerap Jadi Bahan Baku Takjil Ramadan

  


Jakarta,  reporter.web.id - Timun suri biasanya marak dijual saat memasuki bulan Ramadan. Buah ini menjadi salah satu bahan es untuk takjil.

Timun suri memang segar dibuat es buah untuk berbuka. Memiliki bentuk seperti buah melon lonjong dengan kulit berwarna kuning agak oranye serta aroma yang khas, cocok sekali disajikan dalam hidangan pelengkap buka puasa. Dalam artikel ini akan dibahas tentang taksonomi timun suri, kandungan gizi timun suri, serta manfaat timun suri bagi kesehatan. Simak selengkapnya, ya!

Taksonomi Timun Suri
Mengutip laman Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), timun suri masih tergolong memiliki hubungan dekat dengan mentimun dengan nama ilmiah Cucumis sativus yang termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) dan memiliki ciri-ciri umum seperti yang dimiliki oleh tanaman anggota keluarga labu-labuan lainnya seperti melon (Cucumis melo). Maka tak heran jika rasa timun suri adalah perpaduan dari mentimun dan lemon.

Berdasarkan data yang diperoleh dari EPPO Global Database, berikut susunan taksonomi dari timun suri:

Kingdom: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Angiospermae
Kategori: Fabids
Order: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cucumis
Spesies: Cucumis melo var. reticulatus
Kandungan Gizi Timun Suri
Berdasarkan penelitian Komposisi Kimia Timun Suri yang disusun Ari Hayati dkk yang dimuat dalam jurnal AGRIA Vol 5 No 2 Februari 2009, timun suri mengandung sejumlah zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, air dan lain-lain yang dibutuhkan oleh manusia.

Adapun kandungan tertinggi dalam timun suri adalah air, dengan total mencapai 96,32% tidak jauh berbeda dengan mentimun. Namun, kandungan protein dalam timun suri lebih tinggi, yakni 1,26% dibandingkan dengan mentimun dan melon dalam kisaran 0,4% saja.

Selain itu, timun suri juga mengandung vitamin C yang relatif tinggi dibandingkan dengan mentimun. Inilah yang menyebabkan timun suri kaya akan antioksidan yang baik bagi imunitas tubuh.

Tak hanya daging buahnya saja yang memiliki kandungan gizi tinggi, hasil analisa dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa biji timun suri juga memiliki kandungan gizi yang tak jauh berbeda dengan daging buah. Oleh sebab itu, biji timun suri layak diolah menjadi produk yang dapat dikonsumsi

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan
Dengan kandungan airnya yang melimpah, selain cocok dijadikan sebagai olahan minuman pelepas dahaga yang segar, timun suri juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Melansir laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berikut manfaatnya:

1. Melegakan Tenggorokan
Ketika berpuasa, tenggorokan rentan terkena penyakit radang akibat kebiasaan langsung mengkonsumsi air dingin atau air es saat berbuka puasa, padahal hal tersebut tidak dianjurkan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengkonsumsi timun suri langsung maupun dicampurkan dalam menu berbuka.

Hal ini lantaran kandungan air timun suri melimpah sehingga memberikan efek sejuk dan melegakan tenggorokan setelah seharian menahan haus.

2. Membantu Sistem Pencernaan
Serat dari timun suri membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan memberikan kepuasan rasa kenyang lebih lama.

3. Mencegah Alzheimer
Timun suri juga kaya vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi, serta dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

4. Sumber Energi Dadakan
Gula alami dalam timun suri ini memberikan pukulan energi yang cepat dan alami. Cocok buat memulihkan stamina saat berbuka puasa.

5. Baik untuk Kesehatan Ginjal
Timun suri juga membantu membersihkan racun dari tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Buah ini tak hanya memanjakan lidah tapi juga merawat organ ginjal.
(red.Tim)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini