Breaking News

Tekan Inflasi & Harga Pangan, Pemkab Klaten Gelar Bazar Pangan Murah

 


Jakarta, reporter.web.id - Pemerintah Kabupaten Klaten kembali menggelar program Bazar Pangan Murah. Kali ini, program tersebut digelar di Gedung Chandra Kirana, Kecamatan Jatinom dan Gedung Serbaguna Sorogaten, Kecamatan Tulung.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Sri Mulyani berterima kasih atas kerja sama dengan Perum Bulog Surakarta. Ia mengatakan program bazar pangan murah bertujuan untuk mencegah inflasi, menurunkan harga pangan, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat.

"Terima kasih kepada Perum Bulog atas bantuan dan kerja sama yang luar biasa ini dengan dilaksanakan bazar atau gerakan pangan murah yang diselenggarakan di seluruh kecamatan di Klaten. Semoga kerja sama ini dapat berjalan baik. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah inflasi, mengatur indeks kenaikan harga yang berkembang, dan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan akibat naiknya bahan pangan. Selain itu, saya juga ingin bersilaturahmi dengan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2024).

Hal ini disampaikannya pada kegiatan tersebut yang digelar Jumat (1/3/2024). Lebih lanjut, ia menjelaskan dalam program ini, setiap kecamatan mendapatkan 300 paket sembako. Adapun masing-masing paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng dengan harga Rp 81.000.

Terkait stok beras, ia memastikan stok beras di Kabupaten Klaten pada bulan Januari-April 2024 aman.

"Saat ini harga beras Bu? Mencapai harga Rp 18.000 kan per kilonya. Nah, dengan program bazar pangan murah ini, nanti masyarakat yang memiliki kupon bisa membeli sembako dengan harga Rp 81.000 saja. Meski saat ini harga pangan, terutama beras sedang mengalami kenaikan, tapi stok beras di Klaten aman," imbuhnya.

Sementara Camat Jatinom, Agus Sunyata menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dan Perum Bulog Surakarta atas program bazar pangan murah di Kecamatan Jatinom.

Ia berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan ke depan program serupa dapat kembali dilakukan.

"Terima kasih atas kegiatan bazar murah yang diselenggarakan di Jatinom. Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar. Saat ini harga pangan merangkak naik, maka bantuan ini sangat ditunggu dan harapannya dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Krajan Kecamatan Jatinom," paparnya.

Senada, Camat Tulung Hendri Pamungkas juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dan Perum Bulog atas program yang diberikan.

Hendri mengatakan penerima program tersebut disebar di seluruh desa se-Kecamatan Tulung. Ia pun berharap program tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

"Di Kecamatan Tulung mendapatkan 300 paket sembako, dan kami sebar ke 18 desa se kecamatan. Kami prioritaskan bagi desa yang termasuk miskin ekstrem kami beri lebih banyak. Saya harapkan kuotanya dapat ditambah dan lebih murah lagi. Saya yakin apa yang dilaksanakan ini akan sangat membawa manfaat bagi khususnya masyarakat Tulung, mengingat belakangan ini harga pangan sedang meningkat," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Bupati Klaten, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Perwakilan Perum Bulog Surakarta, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Forkopimcam Jatinom, Forkopimcam Tulung, dan tamu undangan lainnya.(red.Tim)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini