Breaking News

Tari Umbul Meriahkan Kampanye Prabowo-Gibran di Sumedang

 


Sumedang,   reporter.web.id   - Sahabat Bang Ara menggelar kampanye untuk pasangan calon (paslon) capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Kampanye kali ini digelar di Alun-alun Kabupaten Sumedang.

Ribuan warga mulai menyesaki area kegiatan. Senam sehat hingga seni dan budaya ditampilkan dalam acara tersebut.

Salah satu penampilan seni yang cukup menghibur warga Sumedang, yakni Tari Umbul. Warga tampak antusias mengikuti gerakan pertunjukan tari tradisional yang berasal dari Desa Situraja, Kecamatan Situraja, Sumedang itu.

Relawan besutan Maruarar Sirait atau Ara ini, sejatinya kerap menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya setiap mengkampanyekan Prabowo-Gibran. Pasalnya kampanye dengan memanfaatkan penampilan seni dan budaya dianggap dapat membawa kesejukan dalam berpolitik di tanah air.

"Dari dulu yah (selalu tampilkan seni dan budaya), boleh dicek saya sering banget bikin acara budaya. Karena saya ada di sini, saya harus mengembangkan budaya Sunda. Dan banyak sekali nilai yang baik, saya pegang betul itu filosofis 'cai na herang lauk na beunang'," kata Maruarar Sirait kepada detikJabar, Minggu (4/2/2024).

"Nah itu betul-betul dalem, dan kepakai dalam ilmu kehidupan. Itu nggak main-main, saya pakai bagaimana tujuannya baik tapi caranya juga harus baik. Harus santun, baik, itu kepakai banget. Mungkin kelihatan sederhana tapi itu ilmu yang dalem menurut saya," ucap Ara menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Ara tampak disambut hangat oleh warga Sumedang. Di sana, Ara didampingi Sri Radya Pangawulan Sumedang Larang Khadimallah Paheutnga Darussalam H.I Lukman Soemadisoeria.

Dihadapan warga Sumedang, ia mengajak agar masyarakat memilih pemimpin yang bisa melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Paslon yang dapat mewujudkan hal tersebut, kata Ara, adalah Prabowo-Gibran.

"Saya melihat perkembangan, sesuai saya meyakini yang bisa melakukan Jokowi adalah Prabowo. Yang sayang sama rakyatnya adalah Prabowo dan Gibran," ujar Ara dalam orasinya.

Sementara itu, Ara sendiri mempunyai tekad untuk memenangkan Prabowo-Gibran di 'Kandang Banteng'. Seperti yang diketahui, Ara sendiri mempunyai kekuatan basis massa di Jabar khususnya wilayah Subang, Majalengka dan Sumedang (SMS).

Selama 15 tahun, Ara pernah menjadi anggota DPR RI di dapil IX atau SMS. Basis massa di dapil SMS itu akan 'dihibahkan' untuk suara Prabowo-Gibran. Ara berjanji akan menyambungkan suara sebanyak 51 persen di wilayah tersebut.

"Saya sudah berjanji sama Pak Prabowo bahwa Subang, Majalengka dan Sumedang betul adalah basis PDI Perjuangan, buktinya pemilu legislatif menang terus di Sumedang, Majalengka, Subang menang terus," ucap Ara.

"Tapi saya doa dan usaha bersama relawan dengan melibatkan seni, musik, UMKM, saya rasa kita yakin, berdoa, saya bilang di basis PDI Perjuangan di Jabar, (khususnya) tanah Subang, Majalengka, Sumedang ini saya percaya dan yakin bapak (Prabowo) akan menang, paling tidak 51 persen. Artinya 49 persen untuk pasangan 01 dan 03," sambungnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini