Breaking News

Melihat Tradisi Jelang Imlek di Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis

 


Ciamis,   reporter.web.id   - Warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar tradisi tahunan menjelang tahun baru Imlek 2024. Mereka menurunkan para dewa penghuni Kelenteng Hok Tek Bio dari altar untuk dimandikan. Tradisi tersebut digelar pada Minggu (4/2/2024) atau seminggu sebelum Imlek.

Pantauan detikJabar, satu per satu patung dewa diturunkan dari altar ke meja yang telah disediakan. Sebelumnya pengurus kelenteng telah menyiapkan baskom atau wadah merah berisi air dan taburan bunga mawar.

Setelah semua patung dewa diturunkan kemudian melepaskan baju penutup. Patung dewa yang berjumlah lebih dari 20 itu dibersihkan menggunakan kuas. Selanjutnya dimasukkan ke dalam air untuk dicuci. Setelah nampak bersih, patung dewa kemudian dikeringkan memakai handuk.

Nama-nama Patung Dewa yang dimandikan di antaranya Hok Tek Cheng Sin, yang merupakan dewa penghuni pertama kelenteng yakni Hok Tek Bio. Ada juga Tu Ti Kung /Tu Ti Po. Wu Lu Cai Sen, Hian Thian Siang Tee, Fu Sen, Kwan Im Pau Sat (Dewi Kwan Im).

"Tujuan tradisi ini supaya menghadapi tahun baru sudah bersih. Merawat agar bersih setiap menjelang Imlek," ujar Ketua Kelenteng Hok Tek Bio Hidayat Kuswaya.

Hidayat berharap di tahun baru Imlek yang berbarengan dengan pesta demokrasi berharap Pemilu 2024 mendapat pemimpin yang baik. Sehingga dapat membawa Indonesia lebih baik.

"Harapannya di tahun baru ini berkaitan dengan pemilu semoga hasilnya memuaskan. Menghasilkan pemimpin yang baik. Intinya jangan pakai uang, karena kalau sudah jadi itu harus ganti. Ingin itu hilang," pungkasnya.(red.tim)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini