Breaking News

Kepala Puskesmas Pagu Akan Mendatangi Anak-anak yang Belum Dapat Imunisasi Polio




Kediri,  reporter.web.id   - Ratusan bayi dan balita di Desa Tengger Kidul, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri ditarget mendapatkan Sub Pin Imunisasi Polio yang dilaksanakan serentak se-Kabupaten Kediri pada 15-21 Januari 2024.


Imunisasi POLIO di posyandu di kawasan Desa Tengger Kidul dilaksanakan hari ini, Selasa (16/1/2024) dan digelar serentak oleh empat Posyandu.


"Posyandu untuk Desa Tengger Kidul kami laksanakan hari ini secara serentak. Jadi empat posyandu jadi satu di balai desa untuk pelaksanaannya," kata drg R. Tariq FC Kusuma selaku Kepala Puskesmas Pagu saat ditemui di lokasi imunisasi.



Adapun empat posyandu yang melakukan imunisasi serentak ini adalah Posyandu Tengger Kidul 1, Posyandu Tengger Kidul 2, Posyandu Mantren 1, dan Posyandu Mantren 2.


Untuk jumlah anak yang masuk dalam data di Posyandu Tengger Kidul 1 terdapat 68 anak yang terdiri usia 0-8 tahun. Sementara di Posyandu Tengger Kidul 2 ada 47 anak. Posyandu Mantren 1 terdapat 51 anak yang masuk data dan Posyandu Mantren 2 ada 50 anak.


"Jadi total pemberian imunisasi untuk posyandu saja di Desa Tengger Kidul ini ada sekitar 216. Dan target kami bisa tercapai semua," kata drg Tariq.


Tak hanya digelar di posyandu, program Sub Pin Imunisasi Polio 2024 ini juga digelar di beberapa sekolah, seperti TK, RA dan SD.



Di wilayah Tengger Kidul sendiri terdapat empat sekolah yang menjadi sasaran vaksinasi. TK Darma Wanita Tengger Kidul ada 34 data anak, RA Tunas S. terdapat 19 data anak. Sementara SDN Tengger Kidul 1 ada 56 anak dan SDN Tengger Kidul 2 ada 53.


Total pemberian imunisasi yang akan diberikan di sekolah kawasan Tengger Kidul adalah sebanyak 162 anak.



"Jadi jumlah total posyandu dan sekolah ada 378. Nanti apabila ada yang terlewat kami akan lakukan sweeping. Digelar setelah pemberian tahap satu ini selesai," jelas drg Tariq.


Untuk sweeping sendiri, lanjutnya, pihak Puskesmas Pagu akan melakukan pendataan. Setelah itu pihak yang seharusnya mendapatkan imunisasi akan dihubungi dan diundang ke puskesmas.


"Harapannya bisa semua mendapatkan sehingga tidak akan ditemukan kasus polio khususnya di wilayah Kecamatan Pagu ini," tutupnya. (red.s)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini