Breaking News

SBY nonton bareng wayang kulit di Kediri



KEDIRI,   reporter.web.id    - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menonton pertunjukan wayang kulit bersama warga di Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Sabtu (2/12) malam.

Dilansir dari Antara pada Minggu (3/12), SBY didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio, dan anggota DPRD Jatim Subiyanto.

SBY berbaur dengan masyarakat desa sambil menikmati pergelaran wayang kulit yang menampilkan dalang kondang Ki Rudi Gareng dengan mengangkat cerita Tumurune wahyu godho wesi inten.

Dalam kesempatan tersebut, SBY menyampaikan perasaan senang bisa hadir ke pergelaran wayang kulit tersebut. Sebab, ia selalu cinta kepada budaya Indonesia, khususnya seni pewayangan.

"Saya ingin menyapa kembali saudara-saudara saya rakyat Indonesia yang ada di Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri, Kediri," ujar SBY dalam keterangan tertulis.

SBY menyebutkan wayang memang harus dilestarikan sebagai seni budaya unggulan yang banyak menceritakan kehidupan manusia dan refleksi kehidupan masyarakat bangsa dan negara.

"Makanya kita harus hormati para seniman, juga dalang-dalang yang terus melestarikan seni pewayangan," ujarnya.

Pada tahun politik, saat sedang berlangsung pemilu presiden, SBY mengajak masyarakat untuk mendoakan presiden selanjutnya untuk dapat memimpin Indonesia dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

SBY juga memberikan opininya kepada masyarakat seperti apa seharusnya seorang pemimpin itu sesuai tokoh-tokoh pewayangan.

"Karena saya mencintai rakyat, saat saya mendapatkan amanah dari rakyat, saya selalu ingat nilai-nilai pewayangan kalau kamu jadi pemimpin, termasuk seorang presiden harus punya tiga sifat," jelasnya.

Ia menyebutkan seorang pemimpin harus bersifat pamong ing jagat, yakni membimbing, mengayomi, dan mencintai rakyat yang dipimpin, adil melindungi semua, serta tidak membeda-bedakan.

SBY mengatakan bahwa seorang pemimpin juga harus seperti Krisna, yakni punya strategi, bisa memberi nasihat, dan menunjukkan ke masyarakat Indonesia mau dibawa ke mana.

"Itulah yg disebut pepadangeng jagat," kata SBY.

Ia berharap semua yang disampaikannya itu nantinya akan dimiliki oleh pemimpin Indonesia mendatang supaya negara tenteram, tenang, dan mempunyai harapan yang baik.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini