Breaking News

Raih detikJatim Awards, Pemkot Batu Sukses Kembangkan Wisata

 


Kota Batu,    reporter.web.id      - Pemerintah Kota Batu berhasil mendapatkan Anugerah Program Ekonomi Terpuji kategori Pengembangan Wisata dalam detikJatim Awards 2023. Penghargaan itu diberikan atas kinerja Pemkot Batu dalam memenuhi target kunjungan wisatawan.
Berbagai cara dilakukan Pemkot Batu untuk bisa memenuhi target 10 juta kunjungan wisatawan pada 2023. Ada tiga strategi utama Kota Bunga untuk menggaet wisatawan. Mulai dari pengelolaan pengembangan objek wisata baru dan lama. Hingga mendukung promosi dan pemasaran produk wisata.

"Terima kasih detikJatim Awards yang telah memberikan penghargaan ke Kota Batu. Sinergi pemerintah, masyarakat, pengusaha, salah satu solusi meningkatkan kinerja, pembangunan kemasyarakatan. Meningkatkan daya beli masyarakat. Semoga inovasi ini berkembang, maju agar masyarakat dapat manfaat," kata Aries, Senin (27/11/2023).

Kunjungan wisatawan pun meningkat dan melebihi pada tahun 2022. Untuk mencapai target kunjungan wisatawan tahun ini, Pemkot Batu memasifkan promosi hingga mendorong event MICE untuk diselenggarakan di Kota Batu. Pemkot Batu juga akan mendorong inovasi kewirausahaan di sektor ekonomi kreatif.

Hasilnya cukup menggembirakan. Hingga Oktober 2023, sebanyak 8,2 juta orang telah berkunjung ke Kota Batu. Tempat wisata dan hotel mengalami peningkatan okupansi sehingga menarik tenaga kerja.

Sektor UMKM pun ikut tumbuh. Ekonomi daerah juga mengalami pertumbuhan positif. Meningkatnya kunjungan wisatawan juga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

"Tentunya inovasi ini tidak mungkin berhenti. Ini adalah apresiasi yang harus ada tindak lanjutnya. Semua bersinergi untuk mengembangkan semua sektor, terutama pariwisata, pertanian, dan UMKM agar ekonomi tetap tumbuh di masyarakat," tambahnya.

Ke depannya, Pemkot Batu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor-sektor UMKM, pariwisata dan pertanian, menciptakan kesempatan kerja lebih luas, dan menjaga stabilitas inflasi sehingga dapat mengakselerasi penurunan kemiskinan dan pengangguran hingga level minimal.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini