Breaking News

Penjabat Sekdaprov Gorontalo: Penyusunan RAD Harus Perhatikan Isu-Isu Kepemudaan



Gorontalo,     reporter.web.id    – Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo diminta memperhatikan isu isu kepemudaan. Hal tersebut disampaikan Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki pada Rapat Koordinasi Rencana Aksi Daerah Pelayanan Kepemudaan yang di gelar di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jum’at (1/12/2023).

Beberapa isu kepemudaan itu diantaranya indeks partisipasi pendidikan yang rendah, tingginya kasus kekerasan perempuan dan anak, tidak terpenuhinya kuota keterwakilan 30 persen bidang politik dari perempuan serta kontribusi perempuan dalam bidang ekonomi keluarga yang masih kurang.

“Ini tidak mungkin bisa diserahkan sepenuhnya kepada Dinas pemuda dan Olahraga atau Kementrian Pemuda dan Olahraga. Karena Indeks Pembangunan Pemuda itu hanya bisa dicapai kalau semua lintas sektor memaksimalkan sasaran, serta melakukan aksi, dan program yang sejalan dengan menuntaskan isu-isu di sektornya masing masing,” pinta Budi.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili turut meminta peran dari lintas sektor terkait untuk bersama-sama dalam menyusun RAD, baik program jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Menurutnya, penyusunan rencana aksi ini, akan maksimal jika seluruh pemangku kepentingan saling bersinergi.

“Pelayanan kepemudaan itu bukan hanya pekerjaan Dinas Pemuda dan Olahraga, tapi semua lintas sektor terkait. Karena tujuan kita menyusun RAD ini agar Indeks Pembangunan Kepemudaan daerah kita bisa meningkat,” ungkap Wahyudin.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Tim Penyusun RAD Kemenpora RI, Aghna Swastika Fitri. Juga Ketua tim Sekretariat dan Koordinasi Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Riana Octaria Fasha. (red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini