Breaking News

Lapsus - Harjad ke-73 HSS tampilkan budaya kearifan lokal berkonsep dinamis

 


Kandangan,    reporter.web.id   - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar rangkaian peringatan Hari Jadi ke-73 dengan menampilkan budaya dan kearifan lokal dengan menerapkan konsep dinamis, serta agamis.


"Banyak rangkaian peringatan hari jadi yang kita laksanakan, salah satunya yaitu kesenian Mamanda jadi salah satu pertunjukan kesenian tradisional di Kalsel," kata Penjabat Bupati HSS Hermansyah di Kandangan, Sabtu.

Hermansyah mengatakan berbagai kegiatan yang direncanakan berlangsung apik dan tidak meninggalkan tradisi keagamaan, seperti dimulai dengan ziarah ke makam mantan pendiri Kabupaten HSS, Shalat Hajat dan tausyiah.

Dijelaskan Hermansyah, peringatan Hari Jadi ke-73 Kabupaten HSS pada 2023 melibatkan seluruh elemen dengan mengedepankan budaya asli serta kearifan lokal yang ada di daerah tersebut.


Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Efran mengatakan Festival Kuliner HSS menyediakan stan makan gratis bagi warga termasuk 25.000 porsi makanan khas HSS, Ketupat Kandangan.

"Selain itu, juga ada kue 41 macam, kue tradisional khas yang ada di daerah kita, 61 stan dari unsur SKPD, BUMN, BUMD, kecamatan, serta pihak lainnya yang berpartisipasi," ujar Efran yang menjadi Koordinator Harjad HSS 2023.

Penyajian Ketupat Kandangan digelar berkat kerja sama dengan warga lokal baik dari unsur UMKM atau pun penjual ketupat.

Panitia memilih Sabtu sebagai puncak rangkaian peringatan bersamaan  dengan festival kuliner karena efektif dan memiliki waktu lebih panjang dibanding Jumat.

Efran mengaku gembira sebab lebih meriah dan warga yang hadir banyak karena kehadiran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

"Rangkaian kegiatan hari jadi kita akan lanjutkan lagi pada Minggu besok malam dengan Tabligh Akbar bersama Habib Segaf Baharun di Masjid Nurul Hidayah, Kawasan Islamic Center KH Darham Hidayat," ucapnya.

Setelahnya, panitia menggelar HSS Expo 2023 pada 9-12 Desember 2023 di kawasan Lapangan Lambung Mangkut, Kandangan.

HSS Expo bakal menonjolkan bazar stan produk unggulan lokal atau dari UMKM, selain itu terdapat galeri bagi OPD, BUMN, BUMD, swasta serta komunitas.

"Expo merupakan kegiatan tahunan Pemkab HSS, ada jasa layanan publik, potensi dan peluang investasi, industri perdagangan, pariwisata,  gelar seni religi dan budaya daerah, ragam kuliner dan panggung hiburan," tutupnya.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini