Breaking News

Keren! Pelajar Indonesia Borong 7 Medali Emas di Ajang Atletik Internasional

 


Jakarta,   reporter.web.id   - Kabar membanggakan kembali datang dari pelajar di Indonesia. Pelajar atletik Tanah Air baru saja meraih tujuh medali emas pada ajang 15th Sea Youth Athletics Championships 2023, Pathum Thani, Thailand (9/12/2023).

Dikutip dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, total medali yang diraih sebanyak tujuh medali emas, empat medali perak dan enam medali perunggu. Dengan demikian, pada akhir kompetisi ini Indonesia menduduki peringkat tiga besar di Asia Tenggara setelah Vietnam (ke-1) dan Thailand (ke-2).

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Bayu Rahadian menyampaikan apresiasinya kepada para pelajar atletik yang sudah berusaha secara maksimal.

"Target yang diharapkan adalah 4 (empat) emas dan performa luar biasa dari para atlet sampai pada akhir kompetisi ternyata dibuktikan dengan raihan total 7 (tujuh) medali emas, 4 (empat) medali perak dan 6 (enam) medali perunggu. Ini menurut saya capaian yang luar biasa," tuturnya, dikutip dari laman Kemenpora, Senin (11/12/2023).

Raih Medali Emas di Hari Ke-1 Pertandingan
Sejak hari pertama pertandingan, para pelajar telah menorehkan dua medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Peraih medali tersebut adalah Maria Adriani Melabesy dan Achmad Zaenuri. Maria menyumbangkan medali emas dalam kategori lomba lompat tinggi galah, sedangkan Achmad dalam kategori lempar lembing.

Sementara dua medali perak diraih oleh atlet 110m gawang yakni Brian Bagas Swara dan atlet lompat jauh, Katyea Febri Safitri. Kemudian, untuk medali perunggu diperoleh Risky Fahmi Ardiansyah.

Di hari terakhir pertandingan, medali emas berhasil diraih oleh pelari 1500m, Mutiara Oktarani Nurul Al-Pasha dan Yad Hafizudin di nomor yang sama putra. Medali perunggu disumbang oleh Febriani Rahmawati untuk nomor lontar martil putri, Abdilah Panca di nomor lompat jangkit, dan regu putra dalam nomor estafet 4x100m.

Persiapan Atlet yang Matang
Manager tim pelajar Atletik Indonesia, Rumini menyebut bahwa beruntungnya atlet yang mengikuti ajang ini dapat memaksimalkan kemampuannya setelah ia beri arahan dan petunjuk.

Ia menyampaikan bahwa persiapan para atlet telah dilakukan sejak mengikuti kejuaraan PB PASI, POPNAS, maupun Kejurnas PPLP se-Indonesia. Dengan begitu, para atlet yang terpilih adalah mereka yang terbaik.

Total atlet yang dikirimkan ke ajang 15th Sea Youth Athletics Championships 2023 oleh Kemenpora berjumlah 35 atlet yang terdiri dari 20 putra dan 15 putri untuk mengikuti 31 nomor dari 37 nomor.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini