Breaking News

Kabupaten Jember Resmi Jadi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan di Jatim

 


JEMBER,     reporter.web.id    - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Taruna Bhumi di Kecamatan Tanggul Jember, Rabu (6/12/2023).

Keberadaan Pusat pelatihan tersebut untuk persiapan membangun ketahanan pangan di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan keberadaan Pusat pelatihan Pertanian di Jember ini, untuk mempersiapkan Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional.


"Jadi kami detail sekali, melakukan perencanaan dan evaluasi di semua perkembangan pada sektor pangan kami. Baik bidang Pertanian, peternakan dan perikanan," ujarnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan program jangka panjang itu, seluruh stakeholder harus terlibat khususnya Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA).

"Termasuk Gapoktan, tidak ada sukses yang bisa diperoleh secara sendirian. Tetapi harus digapai secara bersama sama," kata Khofifah.

Menanggapi hal itu, Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya Taruna Bhumi, Arum Sabil menambahkan projek yang sedang dikembangkan, yakni melakukan budi daya tanaman pangan hemat air.

"Dengan menggunakan tambahan aliran listrik tenaga surya. Biasanya kebutuhan air untuk mengairi lahan jeruk seluas satu hektar, butuh 2 juta liter air sekali mengairi," tanggapnya.

Namun setelah menggunakan instalasi pendorong air dengan tenaga surya. Kebutuhan air untuk tanaman jeruk seluas satu hektar jauh lebih irit.


"Kebutuhan air hanya 8.500 liter. Alat irigasi yang digunakan sudah sering digunakan di negara negara Eropa," kata Arum.

Arum mengungkapkan pengembangan Pertanian modern pedesaan tersebut, juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Dan secara teknologi akan kami kembangkan dan pelajari. Supaya alat tersebut bisa kami buat sendiri di Pusat Pelatihan Pertanian ini," urainya.

Arum mengatakan mereka yang belajar di Pusat pelatihan Pertanian tersebut, berasal dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia.

"Ada yang dari Unisma, Unair dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia," katanya.(red.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini