Breaking News

Jokowi: Pendidikan Vokasi Punya Peran Penting untuk Ajarkan Iptek yang Relevan

 


JAKARTA,   reporter.web.id   - Presiden Joko Widodo mengatakan, pendidikan vokasi (kejuruan) punya peran penting bagi masyarakat. Salah satunya, mengajarkan ilmu pengetahuan (iptek) yang relevan. "Pendidikan vokasi juga punya peran yang penting mengajarkan iptek yang relevan, yang bisa meningkatkan akses masyarakat, menikmati pendidikan tinggi yang baik," ujar Jokowi di acara Vokasifest x Festival Kampus Merdeka yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyinggung soal pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Namun, karena disrupsi dalam dunia kerja semakin cepat, Jokowi berpesan agar tetap ada inovasi. Selain itu, perlu dipersiapkan talenta masa depan yang lebih konkret.

"Yang penting menurut saya penyiapan future talent, penyiapan future skill betul-betul sekarang ini jauh lebih konkret dan hasilnya tadi disampaikan mas menteri bahwa global talent competitiveness index kita naik sangat tinggi," ungkap Jokowi. "Ini adalah sebuah hasil yang nyata, hasil yang konkret yang kita semuanya tepuk tangan untuk Pak Menteri," tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Negara mengungkapkan, saat ini penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah sudah mencapai 900.000 mahasiswa. Selain itu, penerima beasiswa afirmasi pendidikan tinggi bagi para pelajar daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) sudah mencapai 7.400 orang. "Ini jumlah yang besar sekali. Dan mahasiswa yang belajar di luar kampus dlm program kampus merdeka sudah mencapai 900.000 orang ini juga sangat banyak sekali," tambahnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini