Breaking News

Jet Tempur F-16 AS Jatuh di Korsel Saat Latihan

 


Jakarta,    reporter.web.id    - Sebuah jet tempur F-16 Amerika Serikat jatuh pada hari Senin (11/8) di Korea Selatan (Korsel) saat melakukan latihan. Sang pilot setelah melontarkan dirinya dari dalam pesawat.

"Jet itu jatuh ke perairan setelah lepas landas dari pangkalan udara di Gunsan, 178 kilometer selatan Seoul," lapor kantor berita Korea Selatan, Yonhap, merujuk pada perairan di Laut Kuning.

Pilotnya keluar dari jet tempur dan diselamatkan, lapor Yonhap, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (11/12/2023).

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak berkomentar. Sementara Pasukan Amerika Serikat di Korea, yang mengawasi tentara Amerika yang berbasis di Korea Selatan, tidak dapat dihubungi untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Sebelumnya, pada bulan Mei, sebuah jet tempur F-16 milik AS jatuh saat melakukan latihan rutin di daerah pertanian di selatan Seoul. Pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat dan kecelakaan itu tidak menimbulkan korban jiwa lainnya.

Washington adalah sekutu keamanan utama Seoul dan menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan untuk membantu melindungi negara tersebut dari Korea Utara, yang mempunyai senjata nuklir.

Di negara tetangga Jepang, militer AS mengumumkan pekan lalu bahwa mereka menghentikan penggunaan armada pesawat militer V-22 Osprey menyusul kecelakaan mematikan yang menewaskan delapan penerbang AS.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini