Breaking News

Dorong Masyarakat Berpartisipasi Lestarikan Budaya, Disbud Sleman Gelar Anugerah Kebudayaan 2023

 


SLEMAN,      reporter.web.id     - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman menggelar anugerah kebudayaan tahun 2023 di Pendopo Parasamya, Kabupaten Sleman, pada Sabtu (2/12/2023) malam.

Kegiatan rutin tahunan ini merupakan pemberian apresiasi dan penghargaan kepada seniman maupun budayawan, para pelestari budaya di Bumi Sembada. 

"Tujuannya adalah untuk memotivasi dari para pelaku budaya, para budayawan, seniman atau siapapun yang memiliki kontribusi didalam upaya kemajuan kebudayaan. Sesuai dengan undang-undang 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, melindungi, mengembangkan, memanfaatkan dan membina," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya. 


Ada enam kategori yang menjadi perhatian pemerintah dan penerima anugerah Kebudayaan tahun 2023.

Yaitu kategori pelestari dan atau pelaku tradisi budaya diberikan kepada Juru Kunci Merapi Mbah Asih; Warisan budaya atau cagar budaya dianugerahkan untuk bangunan cagar budaya Wisma Kaliurang. Kategori budayawan diberikan kepada Wahyudi Djaja.

Adapun pelestari dan atau pelaku seni diberikan kepada Agus Budi Nugroho.

Sedangkan kategori kreator diberikan kepada Agus Sukina dan anak-anak berprestasi dalam bidang kebudayaan diberikan kepada Niha Khairunnisa. 

Menurut Edy, nama yang berhak mendapatkan anugerah kebudayaan tahun 2023 ini telah melalui serangkaian seleksi dari dewan juri yang merupakan tim penilai.

Mereka diberi penghargaan atas kontribusinya dalam upaya kemajuan kebudayaan sekaligus mendorong masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam rangka pelestarian, pengembangan, maupun pemanfaatan kebudayaan.


Harapannya masyarakat tertarik untuk turut serta menjaga kelestarian kebudayaan. 

Sebab, kata dia, pelestarian dan pengembangan kebudayaan tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah saja tanpa bekerja sama dengan semua pihak, termasuk para budayawan dan para pelestari budaya. 

"Pada akhirnya (anugerah kebudayaan) ini menjadi bagian dari momen yang terbaik, dalam rangka kita mendorong agar masyarakat ikut berpartisipasi di dalam rangka pelestarian pengembangan budaya," kata Edy. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang hadir memberikan anugerah kebudayaan tahun 2023 ini berharap bagi penerima anugerah dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat sekitarnya.

Selain juga terus mendorong masyarakat untuk melestarikan budaya di Kabupaten Sleman. Kustini mengaku bangga karena penerima anugerah kebudayaan tahun ini ada dari generasi muda. 

"Ini estafet dari yang senior ke yunior, semoga dengan ini bisa terus melestarikan budaya di Kabupaten Sleman," kata dia.(red.al)




© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini