Breaking News

Blusukan ke Jatim, Kaesang ziarah ke makam Gus Dur di Jombang



Jombang,    reporter.web.id    - Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ziarah ke makam Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ia didampingi Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni.

Makam Gus Dur berada di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Kaesang ziarah pada Sabtu (2/12) malam.

Ziarah ke makam Gus Dur dilakukan Kaesang di sela-sela blusukannya ke 11 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Blusukan ini dalam kampanye politik Pemilu 2024.

"Mas Kaesang minta dijadwalkan ziarah ke makam Gus Dur tadi malam," kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Kabupaten Magetan, seperti dalam rilis yang diterima detikJatim, Minggu (3/12/2024).

Menurut Juli, ziarah ke makan Gus Dur merupakan napak tilas penguatan semangat juang ke-Indonesiaan. "Gus Dur adalah guru bangsa dan bnyak yang dapat dipelajari dari Gus Dur. Komitmennya terhadap penguatan kebhinekaan Indonesia patut ditiru," imbuhnya.

Dalam ziarah itu, Kaesang dan Juli tampak memanjatkan doa dan tahlil. Kemudian, dilanjutkan dengan menaburkan bunga di pusara makam Gus Dur.

Untuk diketahui, selama lima hari mulai Sabtu (2/12) hingga Kamis (6/12), Kaesang akan blusukan di Jawa Timur dalam rangka kampanye untuk Pemilu 2024. Belasan kabupaten dan kota itu antara lain Lamongan, Tuban, Magetan, Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan, dan Surabaya.

Harapannya Kaesang bisa menuai simpati rakyat Jatim untuk memenangkan Prabowo-Gibran, dan memilih PSI di Pemilu Legislatif 2024.

Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional. Berikut daftarnya sesuai nomor urut. Ada Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, pada 14 Februari 2024.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini