Breaking News

Selesaikan Sertifikasi Tanah HUNTAP Korban Tsunami, Pemkab Lampung Selatan Beri Penghargaan ke KemenATR/BPN


Lampung,   reporter.web.id   - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan atas penyelesaian sertifikasi tanah Hunian Tetap (HUNTAP) korban tsunami Selat Sunda 2018. 

Penghargaan diberikan di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan pada 28 November 2023.

Hadi Tjahjanto menyatakan kesuksesan sertifikasi HUNTAP berkat kerja sama antar kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan Forkopimda setempat. 

Ia mengapresiasi kerja sama dengan aparat hukum, Pemda, BPN, serta Bupati Lampung Selatan dan Forkopimda yang rukun.

"Alhamdulillah HUNTAP semua bisa berjalan baik. Ini berkat kerja sama antar kementerian/lembaga, juga berkat koordinasi dengan aparat penegak hukum, Pemda, BPN, semua bisa berjalan baik," ungkapnya.

"Itulah sebabnya saya mengapresiasi Pak Bupati. apabila jajaran Forkopimda-nya rukun, saya yakin permasalahan tanah untuk rakyat semua selesai karena kita bisa menyelesaikan berkat kerja sama, termasuk juga penyelesaian HUNTAP korban bencana 2018 yang waktu itu terjadi di Lampung Selatan," sambungnya.

Menteri ATR/Kepala BPN mengingatkan Pemprov Lampung dan Pemkab Lampung Selatan untuk percepat penyelesaian Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), terutama yang terkait mitigasi bencana.

Lampung Selatan merupakan wilayah rawan bencana, dan Hadi Tjahjanto menekankan pentingnya tata ruang yang memperhitungkan mitigasi gempa, daerah wisata, dan perindustrian.

"Setiap daerah paling tidak memiliki tiga unsur dalam tata ruang, pertama mitigasi gempa, kedua daerah wisata, dan ketiga perindustrian. Saya selalu mengingatkan hal yang sama karena yang tahu risiko bencana adalah pemerintah, sehingga kita harus siapkan tata ruang yang baik,"jelasnya.

Sementara Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, melaporkan penyerahan sertifikat tahap kedua, sebanyak 353 sertifikat, sebagai lanjutan dari sebelumnya 172 sertifikat. 

Pemkab memberikan keringanan BPHTB sebagai bantuan kepada masyarakat terdampak tsunami, semoga memberikan ketenangan terkait hak atas tanah.

"Hari ini dilaksanakan penyerahan sertipikat tahap 2 sejumlah 353 sertipikat untuk beberapa desa. Di sini Pemkab Lampung Selatan telah menerbitkan Keputusan Bupati terkait pemberian keringanan pembiayaan BPHTB untuk masyarakat korban tsunami. Mudah-mudahan masyarakat ada ketenangan jaminan hak atas tanahnya," pungkasnya.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini