Breaking News

Pengemis di Surabaya Viral Maksa dan Tolak Rp 2.000, Ternyata Kambuhan

 


Jakarta,   reporter.web.id     - Sebuah video pengemis di Surabaya memaksa pengguna jalan memberi uang Rp 5.000 viral di media sosial (medsos). Pria bernama Anton Budianto (50), warga Dukuh Kupang Utara, Surabaya, melakukan aksinya di beberapa tempat.

Dilansir detikJatim (27/11/2023), salah satunya di traffic light Kertajaya, area SPBU Bratang Jaya. Pria itu menghampiri mobil warga dan meminta uang Rp 5.000 dengan alasan untuk membeli makan. Namun, ketika diberi Rp 2.000, pria tersebut pergi meninggalkan mobil warga tanpa mengambil uang.

Ketua Satpol PP Surabaya M Fikser membenarkan adanya kejadian, pengemis tersebut sudah pernah diamankan dan mendapat pembinaan. Namun tidak dijadikan efek jera, justru kembali meminta-minta lagi di jalanan

"Dari data yang kita telusuri, yang bersangkutan pernah ditangkap. Kambuh lagi ini," ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima, Anton itu sudah dibawa ke Liponsos Keputih. Kemudian, dijemput keluarga dan dikembalikan dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya. Namun Anton mengulangi kembali perbuatannya.

Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya Iptu Bobby mengatakan pihaknya menangkap dan memeriksa AB. Anton mengaku memaksa meminta uang Rp 5.000 pada pengguna jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebab, hingga kini ia tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

"Sebelumnya kuli bangunan, karena kena Corona (COVID-19) lalu tidak bekerja, untuk kebutuhan sehari-hari ya seperti itu (mengemis)," ungkap Anton.  (red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini