Breaking News

Pemkab Sumenep tekan kenaikan pangan menjelang Natal dengan GPM



Sumenep, reporter.web.id   - Menjelang akhir tahun 2022, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merangkak naik. Pemantauan harga ini dilakukan di Pasar Anom Baru sebagai pasar induk dan Pasar Bangkal sebagai pembanding.

Yang terpantau mengalami kenaikan harga seperti daging ayam broiler semula Rp37 ribu kini menjadi Rp38 ribu per kilogram. Kemudian minyak goreng curah saat ini harganya Rp18 ribu per kilogram. Ada kenaikan harga Rp2.000,- dibandingkan pekan lalu. Bahkan, harga telur ayam ras masih tinggi yakni Rp30 ribu per kilogram.

"Untuk kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok itu terjadi hampir di semua daerah. Bukan hanya di Kabupaten Sumenep saja," ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Noer Lisal Anbiyah, Rabu (07/12/2022).

Ia menuturkan, kenaikan harga ini terjadi karena pasokan dari distributor juga tinggi. Sehingga para penjual pun akhirnya menaikkan harga. Ditambah menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Kenaikan harga yang cukup tinggi terjadi pada komoditas cabai, baik cabai merah besar maupun cabai rawit.

"Harga cabai merah besar kini mencapai Rp25 ribu dari pekan lalu Rp20 ribu per kilogram. Dan cabai rawit dari Rp33 ribu melonjak Rp40 ribu per kilogram," tuturnya. (red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini