Breaking News

Jokowi Banggakan Potensi Laut Biak di Sail Teluk Cendrawasih 2023


 Jakarta,    reporter.web.id   - Presiden Joko Widodo menghadiri puncak Sail Teluk Cendrawasih 2023 di Biak, Papua. Dia membanggakan kekayaan laut Biak.

Dalam acara puncak Sail Teluk Cendrawasih 2023 di Pantai Sampai, Biak, Numfor, Presiden Joko Widodo menyatakan kegembiraannya bisa hadir ke Biak. Dia ingin event ini bisa jadi jalur untuk memperkenalkan bahari Indonesia.

"Saya sangat gembira senang bisa hadir di tempat yang sangat indah ini. Puncak acara Sail Teluk Cendrawasih ini memperkenalkan potensi bahari kita, potensi maritim dan potensi pariwisata dan sosial budaya kita. Dan sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik," kata Jokowi, Kamis (23/11/2023).

Jokowi juga mengatakan Teluk Cendrawasih merupakan kawasan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia.

"Di sinilah surganya terumbu karang, surganya biota laut. Dan, kita harapkan dengan adanya event ini, budaya, tarian, musik dan produk lokal Papua dapat dikenalkan ke level nasional hingga level global," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyelipkan harapannya terhadap event ini untuk bisa memajukan semua unsur di Papua.

"Dengan adanya budaya, tarian, produk lokal bisa mendorong wisatawan , mendorong event creator dan minat investor untuk datang dan memajukan Papua. Terakhirnya, event baik ini bisa diteruskan hingga masyarakat Papua bisa merasakan manfaatnya walau even ini berakhir," ujar Jokowi.

Acara puncak Sail Cendrawasih itu juga dimeriahkan dengan penampilan kolosal dari 1.200 penari yang bersemangat tampil di depan presiden dan tamu undangan walau cuaca sedikit mendung. Selain itu, ada atraksi 34 penerjun payung dari TNI AU, AD, AL dan Polri.

Sail Teluk Cendrawasih berlangsung dari tanggal 21-27 November 2023. Acara ini diramaikan juga oleh bazar beragam UMKM yang memamerkan ragam pernak-pernik hingga kuliner khas Papua.

Kemenparekraf menggandeng Dinas Kabupaten Biak Numfor menghias sebanyak 500 kapal dengan 1.000 bendera untuk parade kapal nelayan(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini