Breaking News

Ikuti Konseling, Lulusan SMK dan Perguruan Tinggi Kota Kediri Diarahkan Berkarier Sesuai Minat Bakat

 


KOTA KEDIRI,   reporter.web.id     - Pemkot Kediri mengadakan konseling karier untuk lulusan SMK dan perguruan tinggi sebelum memasuki dunia kerja di Kampus Universitas PGRI Kediri, Jumat (24/11/2023). Konseling tersebut juga menjadi persiapan para lulusan sebelum menapaki dunia kerja.

Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Bambang Priyambodo menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada generasi muda di Kota Kediri agar mengetahui bakat dan minatnya sebelum memasuki dunia kerja.

Selain itu memberikan gambaran kepada peserta tentang dunia kerja sehingga mereka dapat memilih bidang pekerjaan dan membina karier.


“Mereka belum paham potensi yang ada dalam diri mereka. Dengan mengikuti bimbingan karier ini dapat membantu menentukan pekerjaan, terutama jika belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Konselor karier membantu peserta menilai keahlian serta mengidentifikasi potensi dan minat serta kemungkinan karier yang akan dihadapi,” jelas Bambang.

Rekrutmen yang diikuti 30 peserta dilakukan secara online melalui media sosial milik Dinkop UMTK. Persyaratannya laki-laki atau perempuan berusia 18-30 tahun, ber-KTP Kota Kediri dan lulusan SMA/SMK/D3/S1 sederajat.

Peserta dibekali beberapa modul terkait pengetahuan tentang dunia kerja, strategi menghadapi wawancara, membangun motivasi, pengembangan diri, public speaking, teamworking dan leadership.

Diharapkan kegiatan konseling karier membantu peserta merencanakan karir di masa mendatang, agar karier yang dipilih sesuai dengan bakat minat yang dimiliki. Peserta yang mengikuti konseling karier nantinya benar-benar siap bekerja dan memiliki semangat memasuki dunia kerja.

Sementara Rizqi Khoirunnisa senang terpilih salah satu peserta. Kesempatan ini ia manfaatkan untuk menggali potensi dan minat yang dimiliki sehingga bisa meningkatkan kompetensi dan berhasil memasuki dunia kerja.

“Kesempatan dan pengalaman yang saya dapatkan sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dan mendapatkan pekerjaan atau profesi sesuai bakat dan minat saya,” ungkapnya. red.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini