Breaking News

Festival Literasi Merdeka, Cara Banyuwangi Cetak Patriotisme Sejak Dini

 

Banyuwangi, reporter.com - Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Literasi Merdeka dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya, untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar.

Acara tersebut, digelari di RTH Sayu Wiwit, Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria. “Inilah merupakan cara kreatif untuk mengenalkan nilai-nilai patriotisme kepada para pelajar. Dengan spirit keteladanan para pahlawan, patriotisme perlu dipupuk dalam konteks yang lebih kekinian,” ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (12/8/2023).

Kegiatan ini, kata Ipuk, menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi anak sejak dini. Pasalnya, menurut Ipuk, literasi merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak untuk dapat bersaing di era global.

“Ada literasi numerikal dengan metode gasing, ada juga literasi sains dengan robotik. Ini semua adalah bagian dari usaha pemkab untuk mengedukasi anak tentang perjuangan para pahlawan dan bagaimana melanjutkan perjuangan di tahun ke-78 ini,” terangnya.

Festival Literasi Merdeka ini diikuti oleh ratusan siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Ada berbagai kegiatan yang diikuti, di antaranya workshop marketing digital untuk siswa SMA/SMK dengan narasumber jawara Jagoan Digital, Workshop Robotik untuk siswa SD, Lomba Komik Patriotisme, dan Lomba Menggambar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, mengatakan Festival Literasi Merdeka adalah gelaran pertama di Banyuwangi. Maksud dan tujuannya adalah untuk mengeksplorasi kognitif dan literasi nilai perjuangan dan patriotisme anak.

“Kami ingin anak-anak tidak hanya sekadar tahu tentang sejarah perjuangan bangsa, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Suratno.

Perlu diketahui, Festival Literasi Merdeka tersebut bagian dari Festival Merdeka. Selama bulan Agustus akan dihelat berbagai acara lainnya. Seperti halnya gelaran Sepeda Hias, Karnaval Kebangsaan, Pawai Lampion, Gerak Jalan Pelajar, Festival Band Pelajar, dan lainnya. (red.IY)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini