Breaking News

3 Kecamatan di Ponorogo Alami Kebakaran Hutan


Ponorogo, reporter.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kabupaten Ponorogo. Di Bumi Reog ada 3 kecamatan yang hutannya terbakar pada Rabu (2/8/2023) malam yaitu Kecamatan Sampung, Kecamatan Sawoo dan Kecamatan Slahung.


Dari laporan BPBD Ponorogo, 3 kecamatan yang  dilanda karhutla itu, ada 9 titik api. Dari jumlah titik api tersebut, sebanyak 6 titik api berhasil dipadamkan.


Sementara untuk 2 titik api padam sendiri dan sisanya 1 titik api masih dalam pemantauan. Sebab, 1 titik lokasi itu berada di puncak bukit dan medannya sulit.


“Satu titik tadi malam kita pantau saja, sebab lokasinya berada di puncak bukit dan lokasinya sulit dijangkau,” kata Anggota Pusdalop BPBD Ponorogo Gemilang Aditya Mardhana, Kamis (3/8/2023).


Untuk kebakaran di Kecamatan Sampung, kata Gemilang ada 2 titik lokasi kebakaran hutan. Yakni hutan jati di Dusun Bayeman Desa Kunti dan di Dusun Janti Desa Nglurup. Tadi malam api sempat menyebar sehingga meluas lahan atau hutan yang terbakar.


“Laporan yang ada di lapangan, api sempat merembet meluas dan menuju bukit atas,” katanya.


Di Dusun Janti Desa Nglurup Kecamatan Sampung lahan hutan yang terbakar seluas 2 hektare. Petugas gabungan dari Polsek-Koramil Sampung, dibantu BPBD Ponorogo langsung meluncur ke lokasi hutan Jati yang terbakar.


Petugas gabungan itu pun berusaha memadamkan api tersebut. Sebab, sebaran api berpotensi mesuk ke pemukiman warga yang berada tepat dibawahnya.


“Alat untuk memadamkan manual dan minim. Selain itu medannya yang sulit. Tetapi kita tetap berusaha untuk memadamkan api yang bisa dijangkau,” pungkas Kanit Sabhara Polsek Sampung Aiptu Ahmad Saifudin. 


(Red*Tim)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini