Breaking News

Viral Jalan Rusak di Lampung Berujung Bakal Didatangi Jokowi

 

Jakarta, reporter.com -,Kabar kondisi jalanan rusak di Lampung yang ramai dibahas di media sosial sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi direncanakan meninjau langsung sejumlah titik yang menjadi keluhan warga.


Informasi mengenai rencana kunjungan kerja Jokowi ke Lampung diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Basuki mengatakan kunker Jokowi dilakukan buntut kondisi jalan di Lampung yang viral di media sosial.


"Gara-gara medsos ramai, beliau akan cek kebenaran dari policy kebijakan dari pemda dalam penanganan itu," kata Basuki kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).


Basuki mengatakan kunjungan Jokowi direncanakan dalam waktu dekat. Ada tiga titik yang bakal ditinjau Jokowi.


"Mungkin dua-tiga titik akan dilihat," ujar Basuki.


Basuki mengatakan pihaknya menggelar rapat koordinasi sebelum Jokowi kunker. Selain itu, Basuki berbicara mengenai inpres mengenai penanganan jalan daerah.

"Kita kan ada inpres jalan daerah, jadi nanti melalui inpres jalan daerah, jalan-jalan daerah yang rusak, sebenarnya beliau (Presiden) yang akan memerintahkan di daerah. Beliau yang akan perintahkan," ujar Basuki.

Kabar kunjungan kerja Jokowi ke Lampung ini membuat pemerintah daerah setempat melakukan persiapan. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang menyiapkan perbaikan jalan di kawasan Kecamatan Rumbia.

"Alhamdulillah di tahun ini akan dilaksanakan pembangunan ruas jalan Kota Gajah-Sadewa yang insyaallah akan menunjang dan membantu mobilitas serta meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam keterangannya di Instagramnya, pada Selasa (2/5/2023).

Pada Senin (1/5), Musa bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Komandan Korem 043 Gatam, dan Kapolda Lampung mengecek lokasi jalan rusak tersebut, jalan yang juga bakal dilalui Presiden Jokowi, besok.

"Melihat langsung persiapan di lokasi yang rencananya akan dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo. Menurut agenda, Presiden Joko Widodo akan hadir Rabu, 3 Mei 2023, di Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya meninjau Ruas Jl Simpang Randu-Rumbia," kata Musa.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjelaskan pembangunan jalan di Rumbia ini sudah masuk dalam prioritas pembangunan ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya, yang menjadi kewenangan Pemprov Lampung pada 2023.

"Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN," kata Arinal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/5).
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini