Breaking News

Kolaborasi TNI Polri, dan Pemda Melaksanakan Penanaman Mangrove Secara Nasional di Pantai Bulurejo


LUMAJANG, reporter.com - TNI Polri bersama pemerintah dan masyarakat melakukan penanaman 500 bibit pohon mangrove Nasional di Muara Sungai Rawa’an, Dusun Karangmenjangan, Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Senin (15/5/2023).


Kapolsek Pronojiwo Iptu Wahono Puji Santoso mengatakan , pihaknya bersama Kodim 0821 Lumajang melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove sebagai wujud sinergitas TNI-Polri, pemerintah, warga dan Pramukam


“Penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga abrasi pantai,” jelasnya.


Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.


“Harapannya, dengan program yang digagas Panglima TNI yaitu mengajak kita semua untuk peduli kepada lingkungan khususnya menjaga kelestarian Hutan Mangrove yang ada dan tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Iptu Wahono Puji Santoso.


Hal senada disampaikan Pasiter Kodim 0821/Lumajang Kapten Inf Yudhi Roesdiwanto, penanaman secara serentak yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke bertujuan untuk melestarikan alam khususnya pesisir pantai agar terhindar dari abrasi serta tetap melindungi kepunahan habitat bioata di sekitarnya.


“Harapanya output dari momen nasional ini dapat meningkatkan kesadaran kita bersama dalam menjaga dan merawat kelestarian hutan mangrove, demi kelangsungan pantai,” pungkasnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini