Breaking News

Anak Krakatau Erupsi Tengah Malam, Tinggi Kolom Abu Capai 1,5 Km


Jakarta, reporter.com - Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi untuk kedua kalinya pada tengah malam. Tampak kilatan lava pijar dari tubuh gunung.


Gunung api di Selat Sunda itu meletus untuk kedua kalinya pada pukul 23.20 WIB. Tinggi kolom letusannya mencapai 1,5 kilometer di atas puncak.


"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat, 12 Mei 2023, pukul 23:20 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 1500 m di atas puncak (± 1657 m di atas permukaan laut)," kata petugas pos pantau Gunung Anak Kralatau, Jumono dalam laporannya, Sabtu (13/5/2023).


Semburan abu vulkanik yang dihasilkan dari letusan itu mengarah ke barat daya. Intensitas abu tebal dan berwarna kelabu.


"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," katanya.


Gunung Anak Krakatau tercatat 2 kali erupsi pada Jumat (12/5). Letusan pertama terjadi pada pukul 09.20 WIB, letusan pertama ini dilaporkan lebih besar dibanding erupsi kedua.


Status Gunung Anak Krakatau berada di level III atau siaga. Masyarakat dilarang mendekati gunung dengan jarak 5 kilometer dari kawah.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini