Breaking News

Satlantas Polres Bojonegoro, Bersama Instansi Terkait Lakukan Ramp Check Armada Bus

 

Bojonegoro, reporter.com -, Menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H dan kesiapan Operasi (Ops) Ketupat Semeru 2023,  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bojonegoro menggandeng instansi Terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan(Dinkes) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Bojonegoro melakukan pemeriksaan atau ramp check armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta pemeriksaan urine para pengemudi bus.


Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK  melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas), AKP Ibahwa Gusti Bagus Krisna Fuady, SIK, MAP, mengatakan  kegiatan pemeriksaan atau ramp check ini dilakukan guna memastikan kelaikan armada bus sebelum melayani perjalanan libur panjang menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H.


“Satlantas Polres Bojonegoro bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan atau ramp chek terkait kelaikan armada bus menjelang libur Lebaran. Jadi kami mempersiapkan sebaik mungkin armada yang beroperasi di terminal ini harus laik jalan," kata Kasat Lantas kepada awak media ini di Terminal Bus Rajekwesi, Kamis, (6/4/2023).


Lanjut Kasat, dalam pemeriksaan ini meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan, sabuk keselamatan pengemudi, pengukur kecepatan(speedometer), wiper kaca depan, serta peralatan tanggap darurat seperti pintu darurat, apart, alat pemecah kaca. Armada bus yang telah lolos inspeksi akan dilakukan penempelan stiker inspeksi keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).


“Apabila ditemukan pelanggaran, kita akan berikan sanksi sesuai jenis pelanggarannya. Mulai peringatan untuk memperbaiki atau melengkapi yang kurang hingga larangan operasional,” jelas Kasat.


AKP I Gusti Bagus Krisna Fuady menambahkan selain melakukan ramp chek, pihaknya juga melakukan pemeriksaan urine terhadap para pengemudi bus.


“Kami juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Bojonegoro untuk melakukan pemeriksaan urine para pengemudi bus, dengan tujuan untuk deteksi dini kondisi fisik atau meminimalisir pengaruh obat-obatan berbahaya atau minuman keras. Sehingga saat membawa penumpang, para pengemudi bus dalam kondisi sehat dan prima serta selamat sampai tujuan,” imbuh I Gusti Bagus Krisna Fuady.


Pihaknya berharap dengan dilaksanakan pemeriksaan atau ramp check untuk menjamin dan ketertiban kelengkapan yang melekat di armada bus, kesiapan pengemudi dan kelaikan armada bus sehingga tercapai keselamatan.


“Memastikan armada bus yang mengangkut penumpang menjelang hari raya Idul Fitri benar-benar prima dan dinyatakan laik jalan,”pungkas perwira dengan pangkat tiga balok di pundak ini. 


Dalam kegiatan ramp chek tersebut diikuti oleh Kasat Lantas, AKP I Gusti Bagus Krisna Fuady, Kadishub, Andik Sudjarwo, Kalaksa BPBD, Ardhian Orianto, Kepala Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Rajekwesi Bojonegoro, personel dari Satlantas, Dinkes, Dishub, BPBD, Rumah Sakit Bhayangkara Bojonegoro. (Kang yon)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini