Breaking News

Akibat Ledakan Mercon Rakitan di Kota Probolinggo, Kaki Kiri Rizal Hancur

 

Probolinggo, reporter.com -, Blaarr! Mercon rakitan meledak di Jalan Sunan Bonang, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Akibat ledakan tersebut, satu orang dilarikan ke rumah sakit setelah menderita luka yang sangat serius.

 

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23.45 WIB, Sabtu (15/4) malam. Syaiful Rizal (23), penghuni rumah tempat mercon rakitan itu meledak harus dilarikan ke RSUD Mohamad Saleh Kota Probolinggo karena mengalami luka serius. Korban mengalami luka berat di bagian tangan, wajah, dan kedua kakinya. Bahkan, kaki kiri pria yang akrab disapa Rizal itu dilaporkan hancur terkena ledakan.

 

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus meledaknya mercon rakitan tersebut. Dugaan sementara, Rizal memproduksi mercon ukuran besar.

 

"Intinya ini pembelajaran bagi kita agar tidak main-main dengan bahan peledak, petasan, mercon atau peledak lainnya. Apalagi ukurannya besar, tanpa izin, karena itu sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain," kata Widi, Minggu (16/4/2023) dini hari.

 

Wadi melanjutkan, selain membuat korban luka berat, ledakan hebat itu juga menyebabkan rumah korban rusak. Tembok dan atap sampai jebol.

 

Polisi sudah melakukan oleh Tempat Kejadian Perkara (TKP). Beberapa saksi sudah dimintai keterangan. Serpihan sisa ledakan mercon turut diamankan sebagai barang bukti.

 

"Ini menjadi perhatian bagi kita semua, jangan sampai karena ingin menambah penghasilan membuat mercon yang dapat membahayakan nyawanya," tuturnya.

 

Diberitakan sebelumnya, petaka ledakan mercon rakitan di Jawa Timur kembali terjadi. Kali ini di Kota Probolinggo.

 

Ketua RT setempat, Supianto menjelaskan bahwa tidak ada yang tahu secara persis kronologi dan penyebab mercon itu meledak. Tahu-tahu warga sudah dikejutkan dengan bunyi ledakan yang kencang. Saking kencangnya suara ledakan, kata Supianto, sampai terdengar hingga radius 5 kilometer.

 

"Banyak warga datang untuk melihat, bahkan wali kota, Dandim 0820, dan Kapolres Probolinggo Kota melihat langsung kondisi rumah korban," terang Supianto.
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini