Breaking News

Usaha Penyulingan Limbah Milik Bos B Diduga Ilegal



Sidoarjo, reporter.com -, Usaha penyulingan limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) jenis Thinner dan cat kian menjamur di Desa Bendotretek, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Usaha yang sangat menjanjikan untung besar ini, nampaknya semakin tidak memperdulikan dampak berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan.


Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kapolres Sidoarjo, Jajaran Reskrimsus Polda Jatim dan Gakkum Jabalnursa, harus tindak tegas kegiatan yang diduga tidak mempunyai ijin pengelolaan Lingkungan Hidup sesuai aturan prosedur Kementerian yang lengkap. Sementara ini tim investigasi sudah mengetahui adanya gudang penyulingan thinner di Wilayah Sidoarjo. 


Diduga pemilik penyulingan tiner dan cat bernama Bambang, ujarnya saat di konfirmasi tim di kediamannya. Aktifitas yang di jalankan telah berjalan lama & aman terkendali karena diduga adanya aliran upeti khusus.


Jelas disebutkan dalam aturan prosedur bahwa jika aktivitas penyulingan tetap dilakukan maka, Bambang yang diduga selaku pemilik akan dikenakan sanksi hukum yang lebih tinggi dan atau dikenakan sanksi pidana sesuai pasal 100, 109 dan 114 Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolahan Lingkungan Hidup. 


Perlu diketahui, berdasarkan hasil investigasi tim lapangan, pengusaha limbah B3 yang diduga bernama Bambang telah melakukan pelanggaran :

1). Diduga Bambang tidak mempunyai dokumen pengelolaan lingkungan hidup dan pemanfaatan limbah b3.

2). Diduga tidak menaati baku mutu air limbah sesuai dengan peraturan perundang - undangan. 

3). Pembuangan air limbah dan limbah b3 bekas penyulingan sludge thinner serta cat diduga di buang ke media lingkungan hidup dan saluran drainase tanpa izin - izin sesuai aturan prosedur.

4). Diduga tidak melakukan netralisasi atau pengurangan kadar racun limbah yang akan di dumping (pembuangan) limbah b3. 

5). Diduga telah melakukan dumping di sembarang tempat. 

6). Diduga tidak memakai transporter khusus yang memiliki izin pengangkutan limbah b3 thinner dan limbah b3 cat. 

7). Diduga tidak memenuhi standart lingkungan hidup dan/atau baku mutu lingkungan hidup mengenai pelaksanaan penimbunan limbah b3 jenis thinner dan limbah b3 jenis cat. 

8). Diduga tidak memiliki tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi di bidang pengolahan limbah b3. (timsus)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini