Breaking News

Satu Orang Pelaku Diamankan Polisi Saat Penggrebekan Pabrik Miras Rumahan Jenis Ciu di Pademangan


Jakarta, reporter.com -, Unit Reskrim Polsek Pademangan menggerebek tempat penyulingan minuman keras (miras) jenis Ciu di Jalan Budimulia, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (24/3/2023) kemarin.

 

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menerangkan, pihaknya dalam hal ini menindak lanjuti laporan dari masyarakat perihal adanya pabrik rumahan yang memproduksi minuman keras jenis ciu.

 

Gidion mengatakan, keberadaan pabrik miras tersebut sangat meresahkan apalagi saat ini sudah memasuki bulan Suci Ramadhan.

 

“Ini meresahkan, selain berbahaya dan membahayakan kesehatan. Miras tersebut juga dapat membuat yang mengkonsumsinya bertindak arogan atau bahkan melakukan tindak kriminal,” tukasnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Pademangan Kompol Binsar mengungkapkan pihaknya mengamankan satu orang pelaku inisial SY (41), warga Pademangan. Dia adalah pemilik rumah sekaligus yang memproduksi Ciu. "Kami sudah amankan SY," ujar Binsar

 

Dalam penggerebakan ini, turut disita barang bukti berupa drum besar, kompor, alat masak, penyulingan, beras ketan, gula, ragi.

 

“Barang bukti yang berkenaan dengan kasus itu sudah diamankan pula,” ujar Binsar

 

Binsar menambahkan, minuman jenis ciu olahan SY sudah punya mangsa pasar sendiri. Sehingga, pelaku tinggal menghubungi mereka yang telah menjadi langganannya.

 

“Si pemilik pabrik sudah punya langganannya, ada pula peminatnya adalah warga sekitar,” ujar dia.

 

Akibat perbuatannya, SY (41) dijerat dengan Pasal 204 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 140 jo Pasal 142 UU RI No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini