Breaking News

Gempa M 6,5 Melanda Pakistan Dan Afganistan, 9 Orang Tewas Dan Puluhan Luka-Luka.

   


Internasional, reporter.com - Setidaknya sembilan orang tewas dan 44 orang lainnya luka-luka di Pakistan akibat gempa bumi bermagnitudo 6,5 yang mengguncang negara itu dan negara tetangga Afghanistan pada Selasa (21/3) malam waktu setempat.

Dilansir kantor berita Reuters, Rabu (22/3/2023), setidaknya dua orang juga tewas di Afghanistan, kata seorang pejabat badan bencana di sana.

Gempa tersebut dirasakan di area seluas lebih dari 1.000 km oleh sekitar 285 juta orang di Pakistan, India, Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Afghanistan dan Turkmenistan, kata Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan pusat gempa berada di pegunungan Hindu Kush, di provinsi Badakhshan di Afghanistan timur laut yang berpenduduk jarang, 40 km (25 mil) tenggara desa Jurm, pada kedalaman 187 km (116 mil).

Di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, di perbatasan Afghanistan, sembilan orang tewas dan 44 luka-luka, kata pejabat senior provinsi tersebut, Abdul Basit kepada Reuters pada Rabu, menambahkan bahwa sedikitnya 19 rumah rusak.

Shafiullah Rahimi, juru bicara Kementerian Mitigasi Bencana Afghanistan, mengatakan bahwa dua orang tewas di provinsi Laghman, Afghanistan timur.

Sebagian besar wilayah Asia Selatan aktif secara seismik karena lempeng tektonik yang dikenal sebagai lempeng India mendorong ke utara menuju lempeng Eurasia.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,1 di Afghanistan timur menewaskan lebih dari 1.000 orang pada tahun lalu.

Pada tahun 2005, sedikitnya 73.000 orang tewas akibat gempa M 7,6 yang melanda wilayah Pakistan utara.

(red.Df)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini