Breaking News

Takut Anaknya Celaka, Tukang Becak Tambal Jalan Aspal yang Berlubang


Surabaya, reporter.com - Tak ingin sang anak mendapat celaka di jalan, Gufron, seorang tukang becak di Lamongan, Jawa Timur, nekat menambal lubang di setiap jalan raya yang dilewatinya. Uniknya, warga Desa Dinoyo, Kecamatan Deket ini melakukannya secara mandiri bersama becaknya.

Dengan berbekal alat seadanya, Gufron membawa becaknya menyusuri jalanan di jalan raya nasional Surabaya-Semarang. Lubang yang terdapat di sepanjang jalanan tersebut, membuatnya harus berhenti sejenak.

"Takut banyak orang-orang yang terjatuh karena jalan berlubang seperti ini, makanya kita tambal jalan. Anak saya kalau kerja juga setiap hari lewat sini, takut jatuh," tegasnya, Kamis (2/2).

Tangannya yang kekar lalu mengambil palu dari becaknya. Tanpa basa-basi, dia mulai meratakan lubang pada jalan aspal. Lubang yang sudah tertata rapi, lalu diisinya dengan aspal bekas yang didapatnya dari sisa-sisa kerukan aspal.

"Tambalnya pakai aspal bekas kerukan," tegasnya.

Usai memberi aspal bekas, Gufron lalu terlihat menyiramkan cairan yang baunya cukup menyengat. Cairan itu, rupanya adalah bahan bakar minyak (BBM) Solar. Solar itu pun, diakuinya hasil dari meminta pada seseorang.

"Saya minta Solar pada kaji Kahar. Kalau beli kan enggak boleh karena pakai botol," ungkapnya.


Cairan solar itu lah, yang diyakininya dapat merekatkan kembali aspal bekas yang dibuat untuk menutup lubang di jalan. Meski berbekal peralatan sederhana, tak lantas membuatnya surut untuk memperbaiki jalan yang menjadi fasilitas publik tersebut.

Lantas, mengapa Gufron tak menunggu pemerintah atau dinas terkait untuk memperbaiki jalan raya tersebut? Dia rupanya punya jawaban tersendiri.

"Barangkali pemerintah ada waktu, (selain jalan berlubang) lampunya (penerangan jalan umum) diperbaiki yang mati, kalau ada waktu. Kalau enggak ada waktu ya enggak masalah, masalahe pekerjaan pemerintah sendiri juga banyak gitu," tutupnya. (red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini