Breaking News

Hampir Seluruh Pondok Pesantren Baitul Ikhwan Al-Munawwar Purwakarta Hangus Terbakar, Sabtu 18 Februari 2023

 

Purwakarta, reporter.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Ikhwan Al-Munawwar, di Kampung Babakan Nagrog, Desa Nagrog, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, ludes terbakar.

Tidak dilaporkan ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, warga dan ratusan santri panik, lantaran hampir seluruh bangunan ponpes hangus terbakar. 

Menurut warga setempat, peristiwa kebakaran tersebut diketahui sekitar pukul 06.30 WIB, saat sebagian para santri sedang belajar mengaji. Api bermula muncul dari bangunan lantai atas, kemudian merembet ke bangunan lain.

Para santri pun berhamburan keluar ponpes sambil berteriak meminta tolong. Hingga akhirnya, warga dan santri mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. "Mungkin karena hampir sebagian besar bangunan terbuat dari kayu dan bambu, api dengan cepat membesar. 

Setelah itu itu juga langsung laporan ke damkar. Alhamdulillah, gak ada korban jiwa," ujar salah seorang warga setempat Saepudin (32), Sabtu (18/2/2023). 

Hingga pukul 9.30 WIB, proses pemadaman api masih dilakukan dengan melibatkan Tim Damkar Pemda Purwakarta dibantu warga setempat. "Hampir semua bangunan terbakar. 80% terbakar habis," tambahnya.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, pondok pimpinan KH Munawwar Al-Ghozali itu. Namun menurut Sekretaris Desa Nagrog, Hendi, penyebab kebakaran lantaran korsleting listrik bagian atap bangunan. 

“Penyebabnya korsleting listrik. Alhamdulilah, seluruh santri dipastikan selamat. Hanya saja, lemari dan kitab-kitab yang berada di lantai dua hangus terbakar habis," tukasnya.

(red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini