Breaking News

Ilmuwan Yang Mengidupkan Kembali Hewan Yang Sudah Mati Menggunakan Teknologi Kloning

Jakarta, reporter.com - Jutaan tahun lalu, harimau Tasmania tersebar luas di seluruh Australia. Hewan seukuran anjing hutan dan memiliki garis-garis pada tubuhnya ini menghilang dari daratan Australia sekitar 2.000 tahun lalu.

Hewan ini tetap ada di Tasmania sampai tahun 1920-an, kemudian mereka dibantai oleh penjajah Eropa yang menganggapnya sebagai ancaman terhadap ternak.

"Itu adalah kepunahan yang didorong oleh manusia. Pemukim Eropa datang ke Australia dan secara brutal memusnahkan hewan ini," kata Andrew Pask, seorang ahli genetika di University of Melbourne, dikutip dari BBC, Sabtu (21/1/2023).

Pask memimpin tim ilmuwan yang berkolaborasi dengan perusahaan bioteknologi Colossal Biosciences, bertujuan untuk menciptakan kembali makhluk mirip serigala itu dan menghadirkan mereka kembali dari kepunahan.

Berkat kemajuan genetika baru-baru ini, yaitu munculnya teknologi pengeditan gen Crispr-Cas9, harimau Tasmania bukan satu-satunya spesies punah yang dapat segera kita lihat lagi.

Sebelumnya, pengeditan gen tidak cukup canggih untuk dapat mengubah semua urutan yang berbeda menjadi DNA harimau Tasmania sekaligus. Dengan jutaan pengeditan yang diperlukan, diasumsikan bahwa para peneliti perlu memprioritaskan sekuens DNA yang paling penting, menghasilkan genom hewan yang tidak persis sama dengan genom yang telah punah. Pask percaya ini tidak lagi diperlukan.

"Semua teknologi itu sudah ada, tapi belum ada yang melakukannya dalam skala ini sebelumnya karena teknologi pengeditan DNA tidak cukup baik atau cukup cepat. Tapi sekarang kita memiliki teknologi itu, dan kita memiliki investasi yang signifikan untuk mencoba dan membuat ini berhasil," sebut Pask.

Bukan hanya harimau Tasmania yang dibangkitkan lagi dari kepunahan dengan cara ini. Potongan-potongan DNA woolly mammoth atau gajah purba yang diawetkan yang ditemukan membeku di tundra Arktik, menunjukkan bahwa mamalia besar ini dapat 'bangkit dari kubur'. Untuk diketahui, sebagian besar mammoth berbulu telah mati kira-kira 10.000 tahun yang lalu.

Para ilmuwan di laboratorium Colossal Biosciences yang didirikan bersama oleh para peneliti dari University of Harvard, menggunakan Crispr untuk menyambung potongan-potongan DNA mammoth ke dalam genom gajah Asia, kerabat terdekat mammoth yang masih hidup.

Hibrida yang dihasilkan, yang dikenal sebagai "mammophant", akan disesuaikan dengan tundra Siberia yang dingin, dan dapat membantu mengisi kekosongan ekologis yang ditinggalkan oleh mammoth ketika mereka punah. Namun, memang masih ada keterbatasan teknologi dan kendala yang masih perlu diatasi.

"Banyak atribut yang kita miliki sebagai hewan hidup membutuhkan beberapa salinan gen yang berbeda, tetapi tidak mudah untuk mengetahui dari genom yang direkonstruksi berapa banyak yang dibutuhkan," kata Michael Archer, ahli paleontologi di University of New South Wales di Sydney, Australia.

"Kami tetap berharap bahwa satu salinan akan cukup untuk mengaktifkan fitur yang dicari, tetapi ada komponen lain untuk proyek-proyek ini," ujarnya.

Namun, rekonstruksi genom bukanlah satu-satunya metode yang dapat digunakan para ilmuwan untuk menghidupkan kembali hewan yang telah punah.

Auroch, sejenis sapi zaman prasejarah, adalah subjek lukisan gua kuno di seluruh dunia. Hewan setinggi gajah ini pernah menjelajahi dataran Eropa. Auroch punah di sekitar tahun 1600-an. Meski sudah lama hilang, gen auroch masih bisa ditemukan di berbagai ras sapi di seluruh benua, terutama sapi keturunan di Spanyol, Portugal, Italia, dan Balkan.

Ahli genetika saat ini berupaya 'membiakkan kembali' spesies ini bersama-sama untuk menghasilkan keturunan yang mendekati kualitas seperti auroch.

Ide lainnya adalah mengkloning hewan yang mati dengan mengambil nukleus dari sel utuh, kemudian mentransfernya ke telur kerabat spesies terdekat yang masih hidup dengan harapan akan terbentuk embrio.

Namun, dibutuhkan sel lengkap untuk melakukan ini, sementara sel cepat rusak setelah mati. Hewan seperti harimau Tasmania yang mati hampir seratus tahun yang lalu, tidak dapat dikembalikan dengan cara ini. Setidaknya, cara lain ini bisa menjadi pilihan bagi spesies yang baru saja punah.

Pada tahun 2003, para peneliti berhasil mengkloning ibex Pyrenean, sejenis kambing yang punah ketika individu terakhir yang masih hidup terbunuh oleh pohon tumbang. Sedihnya, bayi yang baru lahir meninggal karena cacat paru-paru tak lama setelah lahir.

Lalu ada juga variasi teknologi kloning untuk menghidupkan kembali katak spesies asli Queensland yang punah pada tahun 1983. Makhluk itu memiliki metode reproduksi yang aneh, menelan telurnya yang telah dibuahi dan menggunakan perutnya sebagai semacam rahim.

Pada tahun 2013, ilmuwan menyelesaikan langkah pertama mentransfer nukleus dari sel katak beku ke dalam telur kosong dari amfibi yang berkerabat dekat. Hebatnya, sel mulai membelah dan embrio terbentuk.

"Kami melakukannya ratusan kali dan tidak berhasil, lalu tiba-tiba salah satunya berhasil dan kami melihat embrio hibrida ini mulai membelah di bawah mikroskop dan itu sangat menarik," kata Archer.

Sayangnya, kegembiraan ini tak bertahan lama. Proyek tersebut terhenti ketika tidak ada embrio yang berkembang menjadi kecebong atau katak.

"Embrio katak berkembang menjadi bola sel, yang merupakan perkembangan embrio normal, tapi kemudian berhenti. Biasanya lapisan luar sel terlipat dan ada struktur dua lapis yang mengarah ke kecebong, tapi kami tidak melakukan itu," kata Archer.

Hal yang sama terjadi ketika tim mencoba membuat embrio dengan dua spesies katak hidup, menunjukkan bahwa itu adalah aspek dari pekerjaan eksperimental mereka yang mengganggu perkembangan embrio, bukan masalah dengan DNA katak yang punah.

"Kami sedang bekerja untuk mencari tahu apa hambatan pada katak hidup ini sebelum kami dapat kembali ke DNA hewan yang telah punah," kata Archer.

Dampak terhadap ekosistem
Memperkenalkan kembali mammoth dan harimau Tasmania dapat mengganggu ekosistem yang ada. Sejak hewan-hewan ini punah, yang lain akan berevolusi dan beradaptasi untuk mengisi tempatnya. Akankah organisme ini menderita sebagai akibatnya?

Berkat perubahan iklim, lingkungan yang pernah ditinggali makhluk ini mungkin telah berubah secara drastis. Beberapa tanaman yang dimakan mammoth berbulu juga sudah lama hilang. Akankah mammoth masih bisa bertahan hidup sendiri di alam liar, dan jika tidak, siapa yang akan merawatnya? Apakah mereka akan berakhir sebagai hewan yang menghuni kebun binatang?

"Saya rasa kita tidak harus mengembalikan semua hewan. Saya pikir itu harus sesuai dengan kriteria tertentu," kata Pask

"Untuk harimau Tasmania, ini adalah peristiwa kepunahan baru-baru ini, jadi habitatnya di Tasmania masih ada, semua makanan yang biasa dimakannya masih ada, jadi ada tempat bagi mereka dan mereka bisa berkembang lagi di lingkungan itu," jelasnya.

Ia menambahkan, harimau Tasmania juga memainkan peran penting dalam ekosistem karena ia merupakan predator puncak sehingga ia duduk tepat di puncak rantai makanan. Tidak ada predator puncak marsupial lainnya selain harimau Tasmania, sehingga ketika punah, ia meninggalkan celah yang sangat besar.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa upaya untuk mengembalikan spesies yang telah lama hilang dapat mengurangi upaya konservasi untuk menyelamatkan hewan yang ada dan bahkan meningkatkan risiko hilangnya keanekaragaman hayati.

"Teknologi ini bukan hanya tentang menghidupkan kembali harimau Tasmania, ini tentang mencegah hewan lain agar tidak punah," sebut Pask

Ia melanjutkan, Australia mengalami begitu banyak kebakaran hutan di Australia, dan dengan meningkatnya suhu global, mereka menghadapi lebih banyak kejadian cuaca buruk dalam beberapa dekade mendatang.

Apa yang telah dilakukan Australia adalah mengumpulkan jaringan dari marsupial di daerah yang paling berisiko dan membekukannya. Ini berarti, jika terjadi kebakaran semak, setelah vegetasi tumbuh kembali, manusia dapat menghuni kembali area tersebut dengan spesies yang sama.

Sementara itu, Archer setuju bahwa hak moral lebih penting daripada kesalahan apa pun. "Saya pikir tidak etis untuk tidak melakukannya. Saya pikir masalah etika di sini adalah ketidakpantasan manusia membuat hewan-hewan ini punah. Ini bukan tentang mempermainkan Tuhan, ini tentang mempermainkan manusia pintar dengan mencegah apa yang kita lakukan," tutupnya. (red.bs)