Breaking News

Messi berhak atas penghargaan Golden Ball (Bola Emas) usai Argentina mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti 4-2 (3-3), Di Piala Dunia 2022.

  


JAKARTA, Reporter.com (19/12/2022)  Sukses Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 semakin manis buat Lionel Messi. Sang megabintang turut didapuk sebagai pemain terbaik turnamen itu.

Messi berhak atas penghargaan Golden Ball (Bola Emas), usai Argentina mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti 4-2 (3-3). Penyerang sekaligus kapten Argentina itu memang tampil impresif di sepanjang turnamen ini.

Sebanyak tujuh gol plus tiga assist menandai kontribusi Messi dalam tujuh pertandingan Argentina. Itu berarti jumlah gol yang disumbangkan Messi hampir separuh dari total gol Argentina (15). Torehan Messi hanya kalah dari top skor Piala Dunia 2022 yang jatuh ke tangan bomber Prancis, Kylian Mbappe, dengan delapan gol dan dua assist.

Penyerang berusia 35 tahun itu cuma sekali mejan ketika Argentina mengalahkan Polandia 2-0 di fase grup (30/11). Messi tercatat selalu mencetak gol di enam pertandingan Argentina lainnya, termasuk menyarangkan dua gol ke gawang Prancis.

Messi memimpin Argentina saat menaklukkan Prancis di final Piala Dunia 2022. Pemain ikonik Barcelona itu membuka keunggulan Argentina lewat penalti di babak pertama dan melahirkan gol ketiga di periode kedua extra time.

Golden Ball itu menandai trofi kedua Lionel Messi di dalam kariernya setelah meraihnya di Piala Dunia 2014. Namun, saat itu Messi harus puas dengan predikat runner-up usai Argentina ditekuk Jerman 0-1 di final.

Adapun penghargaan lainnya adalah Golden Glove (kiper terbaik) yang diberikan kepada Emiliano Martinez. Kiper Argentina itu membuat tiga clean sheet, dan menampilkan performa impresif di final. Martinez melakukan penyelamatan atas sepakan Randal Kolo Mouani di pengujung laga dan menepis sepakan Aurelien Tchouameni saat tos-tosan.

Sementara itu penghargaan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 jatuh kepada gelandang Argentina Enzo Fernandez. Pesepakbola berusia 21 tahun ini empat kali menjadi starter dalam tujuh penampilan untuk Argentina dengan sumbangan satu gol dan satu assist.

Daftar Pemenang Penghargaan di Piala Dunia 2022

Golden Ball: Lionel Messi (Argentina)
Silver Ball: Kylian Mbappe (Prancis)
Bronze Ball: Luka Modric (Kroasia)

Golden Boot: Kylian Mbappe (Prancis)
Silver Boot: Lionel Messi (Argentina)
Bronze Boot: Olivier Giroud (Prancis)

Golden Glove: Emiliano Martinez (Argentina)
FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)
FIFA Fair Play Trophy: Inggris. (hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini