Breaking News

Loka POM Kediri Bersama Dinas Terkait Sidak Pusat Perbelanjaan Untuk Memastikan Pangan Aman Menjelang Nataru.



Kediri, Reporter.com (16/12/2022) – Jelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Loka POM di Kabupaten Kediri melakukan sidak ke beberapa pusat perbelanjaan. Sidak ini sebagai bentuk intensifikasi pengawasan pangan di seluruh wilayah kerjanya.

Kepala Loka POM di Kab. Kediri, Singgih Prabowo Adi, S. Farm., Apt mengatakan, intensifikasi pengawasan merupakan bentuk pengawasan post-market yang dilakukan untuk melengkapi pengawasan rutin Badan POM di samping kegiatan operasi/pengawasan lain dengan target khusus.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengantisipasi potensi bahaya produk pangan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) yang cenderung meningkat pada hari-hari besar, sebagai akibat meningkatnya permintaan (demand) dan persediaan (supply) kebutuhan pangan,” katanya.

Pada ini Loka POM di Kabupaten Kediri bersama Dinas terkait melaksanakan Inspeksi mendadak (sidak) di beberapa Swalayan/minimarket wilayah Kabupaten Kediri. Operasi terpadu ini melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri serta Kominfo.

“Intensifikasi pengawasan berfokus pada pangan Tanpa Izin Edar

(TIE)/ilegal, kedaluwarsa, dan rusak. Kami melakukan intensifikasi pengawasan pangan dalam rangka memastikan agar masyarakat mengkonsumsi pangan yang aman selama Natal dan tahun baru,” tambah Singgih Prabowo Adi, S. Farm., Apt.

Pada sidak hari ini masih ditemukan produk PIRT tanpa izin edar (TIE) dan produk PIRT yang habis masa ijin edarnya. Sebagai upaya perlindungan masyarakat, seluruh produk pangan TIE tersebut telah diturunkan dari rak pajang/display dan dilakukan pembinaan kepada pemilik sarana untuk tidak mengedarkan.

Upaya pembinaan juga akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada Industri Rumahan agar mengurus ijin SPP-IRT.
Tindak lanjut untuk produk kadaluwarsa dengan melakukan pembinaan kepada pemilik sarana untuk meretur barang.

Dihimbau kepada pemilik sarana distribusi pangan untuk memenuhi ketentuan yang berlaku dalam menjalankan usahanya dan lebih mencermati produk yang dijual.

“Kepada masyarakat dihimbau menjadi konsumen cerdas dan lebih selektif dalam memilih pangan aman dengan selalu melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi pangan,” tutup nya. [hum.ry]

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini